969 Personel Polisi Amankan Demo Sopir JakLingko di Balai Kota



Jakarta

Sopir JakLingko melakukan demonstrasi di depan kantor Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Ratusan personel polisi mengamankan jalannya aksi unjuk rasa tersebut.

“Untuk pengamanan aksi Unjuk Rasa dari Forum Komunikasi Laskar Biru Operator Jaklingko Mikrotrans Eks Mikrolet dan APB DKI Jakarta, kami melibatkan 979 personel gabungan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (30/7/2024).

Aparat kepolisian akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Jl Merdeka Selatan. Personel ditempatkan untuk melakukan pengamanan sekaligus mencegah massa masuk ke dalam Balai Kota DKI Jakarta.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Susatyo mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan agar mengedepankan tindakan persuasif, tidak memprovokasi dan terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan yang humanis serta menjaga keamanan dan keselamatan. Pendemo juga diimbau untuk melakukan unjuk rasa dengan santun dan tidak terprovokasi.

“Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di Jl. Merdeka Selatan dan beberapa lokasi lain,” ucap Susatyo.

“Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api, hormati dan hargai saudara kita yang akan menyampaikan pendapatnya di muka umum dengan humanis dan profesional,” tutup Susatyo.

Sopir JakLingko demo di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/7/2024) pagi ini.Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro (kiri) turun mengamankan demo sopir JakLingko di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/7/2024) pagi ini. (Dok. Polres Metro Jakarta Pusat)

Lalin Dialihkan

Polisi memberlakukan rekayasa lalu lintas di depan Balai Kota ke arah Patung Kuda Jakarta Pusat pagi ini. Hal itu karena adanya demo dari sopir JakLingko di depan Balai Kota pagi ini.

“Pengalihan arus dari depan Kedubes AS ke Patung Kuda, lalin ditutup, dialihkan semua ke depan Gambir,” Kasat Lantas Polrestro Jakpus Kompol Gomos Simamora, saat dihubungi, Selasa (30/7).

Ia menjelaskan lalu lintas dialihkan bagi pengendara yang ingin melintas dari depan Kedubes AS hingga ke Patung Kuda, sehingga pengendara bisa melintas melalui Gambir.

Ia membenarkan adanya demo dari JakLingko. Imbas demo tersebut, sempat terjadi kemacetan di sekitar lokasi.

Sementara itu melalui platform X, TMC Polda Metro Jaya, juga menyampaikan adanya pengalihan arus lalin di Jl Medan Merdeka Selatan.

“Polri Sat Lantas Jakarta Pusat melakukan rekayasa arus lalu lintas di kawasan Bundaran Patung Kuda Monas, arus lalu lintas yang mengarah Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan sementara dikarenakan adanya kegiatan penyampaian pendapat di depan Kantor Balaikota DKI Jakarta Jakarta Pusat,” demikian kata TMC Polda Metro Jaya.

Sementara itu berdasarkan platform X @PT_Transjakarta diinformasikan sejumlah rute JakLingko tidak beroperasi.

“Layanan mikrotrans rute JAK 33, JAK 34, JAK 35, JAK 41, JAK 42, JAK 61, JAK 76, JAK 77, JAK 84, JAK 90 dan JAK 106 sementara tidak beroperasi melayani pelanggan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” demikian dikutip dari akun Transportasi Jakarta.

(saya/dhn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *