Kekuasaan Tak Ada yang Langgeng, Sudah Waktunya Ya Sudah




Jakarta

Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputrimenyinggung soal kekuasaan saat menjadi pembicara di Mukernas Perindo. Megawati mengingatkan kekuasaan yang waktunya selesai tidak perlu diperpanjang.

Megawati awalnya menceritakan saat diperiksa pihak kepolisian pada masa Orde Baru. Saat menjadi Presiden RI ke-5, Megawati bertemu lagi dengan polisi tersebut yang sudah menjadi kapolda dan hormat kepada Megawati.

“Jadi saya lihat, terus saya tersenyum gitu, ‘Kok ada dia?’, saya lupa namanya ha-ha. Terus dalam hati saya, ‘Hmm sekarang lu hormat sama saya,’ ha-ha-ha. Makanya kok gitu aja takut. Orang nggak ada yang langgeng,” kata Megawati di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (29/7/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Megawati kemudian cerita saat diperiksa oleh kejaksaan pada masa Orde Baru. Ketika menjadi Presiden, Megawati bertanya kepada Jaksa Agung apakah jaksa yang memeriksanya ada di lapangan ikut upacara Hari Adhyaksa.

“Jadi waktu jadi irup toh, ya kan, kan segini banyak, saya sendiri juga gini (hormat), dalam hati saya ‘Lu ngerti dah sekarang hormat sama saya’,” ujar Megawati.

Megawati menjelaskan maksud dari ceritanya tersebut. Megawati mengatakan bahwa di balik ceritanya ada pesan bahwa kekuasaan tidak langgeng.

“Apa maksud saya menceritakan ini? Bukan sombong, itu namanya adalah bahwa nggak ada kekuasaan tuh yang langgeng. Iya lah, mbok ya sudah lah,” ucap Megawati.

“Mbok sudah lah, artinya sudah waktunya ya sudah, saya kan ya nggak rebut waktu tiga tahun Presiden gitu. Ya sudah, katanya kalah, ya sudah, padahal ya saya tahu benernya nggak kalah, gitu aja,” imbuhnya.

(rfs/Inggris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *