Hadiri Jakarta Investment Award, Heru Singgung Kemudahan Izin untuk UMKM




Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri acara Jakarta Investment Award Tahun 2024. Wakil Menteri Investasi/BKPM Yuliot Tanjung turut hadir dalam acara tersebut.

Pantauan detikcom di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Rabu (31/7/2024), Heru tampak mengenakan batik berwarna ungu. Lalu, Yuliot, yang duduk di samping Heru, mengenakan batik berwarna biru.

Dalam sambutannya, Heru Budi mengatakan ada beberapa kriteria para investor di Jakarta menerima penghargaan pada malam ini. Salah satunya, menurut dia, kategori investor yang bisa menyerap banyak tenaga pekerja.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Nilai investasinya terbesar dan seterusnya. Realisasi investasi di Jakarta mencapai Rp 166,7 triliun terdiri dari PMDN sebesar Rp 95,2 triliun dan PMA Rp 71,5 triliun,” kata Heru.

Menurutnya, realisasi investasi pada 2024 sebesar Rp 124 triliun atau 60 persen dari target nasional dan Jakarta menjadi penanaman modal dalam negeri (PMDN) tertinggi di Indonesia. Ia menegaskan Pemprov DKI dan Kementerian Investasi memberikan kemudahan bagi investor yang ingin investasi di Jakarta.

“Tadi Pak Wamen bilang perizinan usaha berskala rendah contohnya ibu-ibu mau jualan bakso di depan rumah, kafe kecil-kecilan, salon, dan itu sudah dilakukan kemudahannya oleh pemda DKI,”ucapnya.

Syarat perizinan itu, menurut Heru, cukup melampirkan KTP dan alamat tempat usaha dan ia menilai ini sangat mudah mengurus izin usaha. Ia pun berharap para investor bisa melakukan investasi di Jakarta karena sangat cocok dan perizinannya mudah.

“Kalau investasi di Jakarta maka membangun Jakarta, maka dari itu slogannya ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’,” tuturnya.

Selain itu, dalam acara tersebut, hadir Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI Benni Aguscandra serta para ketua asosiasi pelaku usaha.

(bel/lirik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *