Sambut HUT ke-79 RI, Kota Bogor Gelar Festival Merah Putih Selama Agustus




Bogor

Kota Bogor menggelar Festival Merah Putih (FMP) 2024 dalam rangka memperingati HUT ke- 79 RI. Kegiatan yang digelar selama Agustus tersebut secara resmi dibuka Danrem 061/Surya Kencana (SK) Brigjen Faisol Izuddin Karimi.

“Ini adalah kegiatan atau agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memperingati HUT Kemerdekaan RI, dimana kegiatan ini sudah dilaksanakan sembilan kali dan ini adalah tahun ke-9. Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan penuh,” kata Brigjen Faisol, Rabu (31/7/2024) malam.

Seremoni pembukaan festival merah putih digelar di makorem 061 Surya Kencana Jl Merdeka, Kota Bogor. Kegiatan dihadiri Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari, Sekda Kota Bogor, Ketua DPRD Kota Bogor, Dandim 0606 Kolonel Fikri Ferdian, Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso dan sejumlah tokoh yang tergabung dalam Bogor Sahabat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Brigjen Faisol mengatakan, festival merah putih bentuk upaya mewarisi nilai-nilai perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Ia berharap kegiatan ini ditonton wilayah lain.

“Malam ini kami juga undang semua pimpinan kodim yang ada di bawah Korem 061 Surya Kencana dan kita harap ini jadi triger untuk disampaikan kepada pemerintah setempat sehingga festival merah putih semacam ini diikuti oleh kota lain,” katanya.

Salah satu ikon kegiatan utama dari 16 kegiatan festival merah putih yakni kirab merah putih. Acara ini akan menampilkan pawai kolosal dengan mengarak dua kain bendera merah putih sepanjang total 200 meter.

Setelah secara resmi dibuka, festival merah utuh 2024 diawali dengan pemasangan umbul-umbul di sepanjang jalan protokol di Kota Bogor.

Sementara itu, PJ Wali Kota Bogor Herry Antasari mengatakan, pemerintah kota mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi oleh tokoh di komunitas Bogor Sahabat tersebut. Ia juga mengintruksikan aparat wilayah dan masyarakat ikut memeriahkan.

“Pemerintah kota sangat mendukung tentunya, termasuk DPRD mendukung pelaksanaan festival merah putih ini. Kami juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk memasang secara swadaya, bendera atau umbul-umbul merah putih di sekitar lingkungannya. Silahkan meriahkan agar FMP ini lebih teramplikasi,” kata Hery.

(matahari/es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *