Ada Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS, Jl Medan Merdeka Selatan Ditutup



Jakarta

Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina menggelar aksi solidaritas untuk Gaza di depan Kedubes Amerika Serikat. Jalan Merdeka Selatan yang mengarah ke Balai Kota DKI Jakarta ditutup imbas adanya aksi tersebut.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (3/8/2024), pukul 6.47 WIB, massa menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan Kedubes Amerika Serikat (AS) di ruas Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Ruas jalan itu ditutup dari dua arah.

Ruas jalan yang mengarah ke Balai Kota DKI dan Monas ditutup. Demikian juga dengan ruas Jalan Medan Merdeka Selatan yang mengarah ke Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur juga ditutup.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Polisi memasang barier di ujung jalan agar pengendara tak masuk ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Kawat berduri juga dipasang di depan Kedubes AS.

Massa juga melakukan salat gaib atas meninggalnya pemimpin Biro Politik Hamas Ismail Haniyah. Mereka tampak membawa atribut Palestina seperti bendera, ikat kepala, poster, kipas hingga baju bernuansa putih dan hitam.

Aksi bela Palestina di depan Kedubes AS (Mulia/detikcom)Aksi bela Palestina di depan Kedubes AS (Mulia/detikcom)

Aparat kepolisian juga berjaga di lokasi. Massa membawa tikar untuk dijadikan alas salat dan alas duduk.

Massa masih terus berdatangan hingga pukul 6.53 WIB. Setelah salat gaib, aksi dilanjutkan dengan bernyanyi ‘free Palestine’ dengan mengangkat bendera Palestina lalu dzikir dan doa bersama.

(mib/ygs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *