Jelang HUT RI, TNI AL Siapkan Kapal LPD untuk Angkut Pasukan ke IKN



Jakarta

TNI Angkatan Laut menyiapkan kapal-kapal angkut landing platform dock (LPD) dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) untuk mengangkut pasukan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024. Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo mengatakan bahwa pihaknya mulai besok akan membrangkatkan LPD ke IKN.

“Persiapan 17 Agustus nanti, Insyallah Kolinlamil sudah siap sesuai dengan perintah pimpinan. Kami menyiapkan beberapa kapal LPD dan besok Insyallah satu LPD sudah diberangkatkan untuk mendahului ke IKN,” kata Krisno kepada wartawan di Kolinlamil, Jakarta Utara, Sabtu (3/8/2024).

“Nantinya ke IKN membawa beberapa peralatan persiapan 17 Agustus kemudian tim berlatih upacara sekaligus sebagai awalan untuk pengawalan persiapan VVIP dan lain-lain,” sambungnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Selama di IKN, Krisno mengatakan timnya akan tinggal di kapal. Hal itu dilakukan untuk mempermudah akomodasi.

“Selama di Kalimantan Timur, selama dilatih mereka kembali lagi ke kapal, karena memang itu lebih memudahkan akomodasi apabila mereka tinggal di kapal, lebih nyaman, kapal LPD ukurannya lebih besar, memiliki ruangan-ruangan yang disiapkan pasukan,” ungkapnya.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo dan jajaran. (Brigitta Belia Permata Sari/detikcom)Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo dan jajaran. (Brigitta Belia Permata Sari/detikcom)

“Pada intinya seluruh kapal untuk persiapan kegiatan kita di IKN, kapal-kapal Kolinlamil disiapkan, mengingat Kolinlamil bukan hanya sebagai pembina angkutan laut militer saja tapi pembinaan lanas, yaitu pembina angkutan laut nasional,” pungkasnya.

Upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 dijadwalkan digelar di IKN dan di Jakarta. Di IKN, upacara memperingati kemerdekaan RI itu dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Sementara upacara di Istana Merdeka bakal dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

(putih/bawah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *