Festival LIKE 2 Hadirkan Coaching Clinic Proper, Ini Cara Daftarnya




Jakarta

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) menjadi salah satu program yang banyak diperhatikan oleh para pelaku usaha. Pasalnya, program tersebut mengharuskan pelaku usaha untuk menjalankan bisnis dengan tidak mengesampingkan kelestarian lingkungan.

Selain itu, program Proper merupakan evaluasi kinerja penanggung jawaban kegiatan usaha dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

PROPER merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah, untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam peraturan perundangan-undangan. Selanjutnya PROPER juga merupakan perwujudan transparansi dan demokratisasi dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Penerapan instrumen ini merupakan upaya KLHK untuk menerapkan sebagian dari prinsip-prinsip good governance (transparansi, berkeadilan, akuntabel, dan pelibatan masyarakat) dalam pengelolaan lingkungan.

Selain itu, program tersebut nantinya akan memberikan penilaian kepada pelaku usaha. Nantinya kinerja pelaku usaha bakal dilihat apakah sejalan dengan kelestarian lingkungan atau tidak.

Sebab penilaian Proper terbagi menjadi 2 kategori yaitu ketaatan (Biru, Merah, dan Hitam), dan beyond compliance atau lebih dari ketaatan (Emas dan Hijau). Peringkat tertinggi adalah Emas dan peringkat terburuk adalah Hitam.

Untuk mengetahui seputar program tersebut, KLHK mengadakan coaching clinic di acara Festival LIKE 2. Nantinya para pelaku usaha bisa mendapatkan layanan secara gratis untuk mengetahui dan mempersiapkan perusahaan agar bisa memahami kriteria penilaian PROPER.

Para pelaku usaha bisa melakukan konsultasi tersebut untuk sejumlah sektor seperti pengendalian pencemaran air, udara, lahan, dan kerusakan ekosistem. Untuk memanfaatkan coaching clinic tersebut bisa langsung menghadiri Festival SEPERTI 2 yang berlangsung di Jakarta Convention Center Senayan, mulai dari 8 Agustus – 11 Agustus 2024, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Adapun mekanisme pendaftaran bisa langsung mengunjungi website di sini dan jangan lupa untuk memiliki jam kelas coaching clinic yang akan diikuti.

Sebagai informasi, Festival LIKE 2 disponsori oleh PT Pertamina (Persero), PT Bayan Resources Tbk, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN), PLN, Adaro, PT Vale Indonesia, APP Group, Merdeka Copper Gold, Astra, Le Minerale, Berau Coal Energy, Borneo Indobara, PT BUMI ResourceS Tbk, Sucofindo, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, Harita Nickel, APRIL, Huayou Indonesia, PT Freeport Indonesia, MIND ID, Eramet, Bio Farma, Star Energy Geothermal, Unilever, Sido Muncul, PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin Indonesia, PT Gunung Raja Paksi Tbk, WILMAR GROUP, AKR, PT Indexim Coalindo, PT Indo Muro Kencana, PT Bukit Asam Tbk, Musim Mas, PT Inalum, PT Antam, dan PT Solusi Bangun Indonesia (Tbk). Serta didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited, PT Timah Tbk, PT Wiralab Analitika Solusindo, PT MNC ENERGY INVESTMENTS, dan PT Rizqi Semesta.

(acd/acd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *