Grup Medsos HOK Tersangka Teroris di Batu Berisi Member Lintas Negara




Jakarta

Polisi mengungkap fakta baru dari penangkapan tersangka teroris HOK di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim). Polisi menyebut grup media sosial (medsos) yang dimasuki HOK berisikan orang-orang lintas negara.

“Di situ (grup medsos) sebenarnya bukan yang bersangkutan saja, tetapi lintas negara. Dengan grup itu sendiri adminnya eksis bukan di Indonesia, ada dua grup bukan di tempat kita,” kata juru bicara Densus 88, Kombes Aswin Siregar, dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2024).

Aswin mengatakan terdapat banyak anggota yang tergabung dalam grup medsos tersebut. Dia pun menekankan pihaknya masih menelusuri grup medsos tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Tentu banyak orangnya, tapi coba kita telusuri,” ujar Aswin.

Seperti diketahui, polisi turut mengungkap HOK belajar menjadi teroris setelah masuk ke grup media sosial terkait terorisme. Aswin mengatakan dalam grup media sosial tersebut HOK banyak melakukan interaksi dengan member lainnya.

“Kemudian yang bersangkutan ditawarkan untuk ikut lagi ke grup bersosial media yang lebih spesifik. Bahkan itu berbayar. Yang bersangkutan membayar dengan uang jajannya. Seperti aplikasi bersosial mediakalau mau jadi member itu membayar. Yang bersangkutan membayar, kemudian masuk menjadi member,” ungkap Aswin.

Aswin lantas menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan penelusuran dan pendalaman terkait pola rekrutmen yang terjadi. Sebab, menurut dia, grup-grup inilah yang memicu hasrat HOK menjadi menjadi teroris.

“Nah, ini memang kita sedang dalami bagaimana proses rekrutmen yang bersangkutan dilakukan di dalam grup-grup tersebut sampai dengan muncul keinginan yang bersangkutan untuk melakukan penyerangan terhadap tempat ibadah agama lain yang dianggap kafir di dalam ajaran atau di dalam paham yang dia pelajari tersebut,” kata Aswin.

(satu per satu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *