Sekjen PBNU Gus Ipul Balas Cak Imin: Kenapa Serang Pribadi?



Jakarta

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membalas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menyebut Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan dirinya melanggar khittah dengan mempolitisir NU. Gus Ipul heran Cak Imin menyerang pribadi.

“Pertama-tama itu kan kenyataan itu ditanggapi substansinya aja, jangan terus menyebut orang itu rusak segala macem, ya dijawab aja substansinya kalau tidak setuju, sampaikan aja tidak setuju. Kenapa mesti nyerang Gus Yahya secara pribadi?” kata Gus Ipul kepada wartawan, Minggu (4/8/2024).

Gus Ipul membantah PBNU menggembosi PKB di Pemilu 2024. Dia menantang Cak Imin membuktikan tudingannya bahwa PKB digembosi dirinya dan Gus Yahya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Jadi tidak benar kalau kami PBNU dianggap berani oleh PKB, coba cari buktinya, cari buktinya. Kalau ada PBNU yang berani PKB, tidak ada. Kita tahu, ada banyak kader NU di sana juga, tidak pernah,” ujarnya.

Kemudian, Gus Ipul menyinggung perbedaan sikap dan pilihan di Pilpres 2024. Menurutnya, PBNU menyesalkan PKB yang tak pernah konsultasi atau minta nasihat dengan pimpinan-pimpinan PBNU padahal PKB dilahirkan secara struktural oleh PBNU.

“Itu aja yang kita persoalkan kan itu, terus apa persoalan ada yang salah kalau kita minta bahkan disebut PBNU nggak penting lah, yang penting warganya lah, segala macam,” ujar Gus Ipul.

Dia menyebut PBNU tak pernah mendapat jawaban konkret dari PKB terkait isu-isu yang selama ini mengemuka. Justru, kata Gus Ipul, elite-elite PKB malah bereaksi menjawab yang tidak rasional.

“Soal yang disampaikan PBNU sudah jelas, tapi kenapa yang diserang itu jawabannya? Yahya patah, Saiful patah, apa gunanya? Kami tidak pernah menyebut orang per orang, kami anggap elite PKB yang mau lari dengan sejarah PKB,” kata Gus Ipul.

“Sekali lagi ini keputusan organisasi ya, menyangkut tim pendalaman atau pansus PKB, bukan keputusan Gus Yahya, bukan keputusan saya, keputusan organisasi yang diambil lewat rapat pleno,” imbuhnya.

Pernyataan Cak Imin

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berang dengan pernyataan Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) yang menganalogikan hubungan NU dengan PKB bagai pabrik mobil yang perlu menarik produknya karena mempunyai kesalahan sistem. Cak Imin menyebut Gus Yahya telah melanggar khittah NU.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *