Gus Ipul Tegaskan Gus Yahya Tak Ada Masalah Pribadi dengan Cak Imin




Jakarta

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengatakan Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya tidak memiliki masalah pribadi dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Meskipun, Gus Ipul menyebut Gus Yahya kerap diserang secara pribadi.

“Sebenarnya kita pribadi tidak ada masalah ya, meskipun Gus Yahya dan saya sering diserang secara pribadi,” kata Gus Ipul di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2024).

Padahal, menurutnya, isu-isu mengenai perseteruan antara PKB dan PBNU dapat dijawab dengan jelas. Namun, kata dia, Cak Imin kerap membuat narasi di luar konteks organisasi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Tapi kami sering diserang secara pribadi, ini yang bisa dilihat aja itu, ya narasi-narasinya segala macam itu. Itu intinya di situ, secara pribadi kita nggak ada masalah, meskipun kita sering diserang secara pribadi,” ujarnya.

Pernyataan Cak Imin

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berang dengan pernyataan Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) yang menganalogikan hubungan NU dengan PKB bagai pabrik mobil yang perlu menarik produknya karena mempunyai kesalahan sistem. Cak Imin menyebut Gus Yahya telah melanggar khitah NU.

Mulanya, Cak Imin mengungkit perolehan suara PKB di Pemilu 2024. Dia menyebut perolehan suara PKB justru meningkat setelah disentil Gus Yahya dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

“Prestasi perolehan PKB pada Pemilu 2024 diakui semua pihak, dan kita syukuri sebagai keberhasilan kader-kader yang tidak lagi bergantung pada siapapun, digembosi Yahya dan Saipul di Pemilu malah membuat perolehan PKB meningkat tajam,” kata Cak Imin dikutip di akun Twitter resmi miliknya, Minggu (4/8).

Cak Imin lalu tidak terima dengan pernyataan Gus Yahya yang menyebut PKB bagai produk rusak. Cak Imin menyebut pernyataan Gus Yahya itu telah melanggar khitah dengan mempolitisir NU.

“Omongan Yahya dan Saipul nggak laku. Yang rusak itu Yahya sama Saiful, kok PKB ditarik-tarik untuk ikut rusak, apa nggak semakin menurunkan tingkat kepercayaan pada PBNU? Melanggar khitah yang ditegaskan mereka sendiri,” kata Cak Imin.

“Mempolitisir NU nggak laku kok lanjut mempolitisir PKB, emang siapa aku. Anda sopan, kami malu, jika tidak sopan jangan diajak layang-layang,” imbuhnya.

(amw/azh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *