Suasana di Halim Perdanakusuma Jelang Kedatangan Kirab Bendera Merah Putih




Jakarta

Prosesi kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi akan diantarkan dari Monas menuju ke Bandara Halim Perdanasuma untuk kemudian diantar ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Begini suasana di Halim Perdanakusuma jelang kedatangan kirab.

Pantauan detikcom, Sabtu (10/8/2024), nampak suasana di jalan dekat Halim Perdanakusuma sudah dipenuhi murid-murid sekolah yang menyambut kedatangan kirab bendera Merah Putih.

Mereka berantusias membawa bendera, berpakaian adat, dan bersorak-sorai. Sementara, di Lanud Halim Perdanakusuma, tim Purna Paskibraka 2023 sudah di lokasi untuk menunggu bendera pusaka.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Pesawat Boeing TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor A-7305 sudah berada di lokasi. Tampak karpet merah juga digelar menuju pintu masuk pesawat tersebut. Paskibraka nampak sikap sempurna.

Prosesi kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi tadi sudah dimulai di Monas. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memimpin langsung kegiatan.

Pantauan detikcom, kegiatan mulai dilaksanakan di Monas, Jakarta Pusat. Tampak tim Purna Paskibraka 2023, pasukan berkuda hingga marching band siaga mengawal prosesi kirab.

Acara dimulai dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional kepada Tim Purna Paskibraka 2023.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya, bendera dan teks proklamasi tersebut dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

Adapun jalur kirab bendera melewati Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma, lalu diterbangkan ke IKN menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Setiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

(kapan/kapan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *