6 Fakta Kebakaran Rumah di Manggarai hingga Pengungsi di Stasiun


Jakarta

Terjadi kebakaran di permukiman padat penduduk di dekat Stasiun ManggaraiJakarta Selatan. Kebakaran itu membuat warga sekitar lokasi mengungsi di Stasiun Manggarai.

Kebakaran itu dilaporkan terjadi Selasa (13/8/2024) pukul 02.30 WIB tepatnya melanda sebuah rumah di Jl. Saharjo Raya, RW 06 & RW 012, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet. Permukiman yang terbakar merupakan permukiman di dekat Stasiun Manggarai.

Sebanyak 35 mobil pemadam atau 120 personel dikerahkan ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan pada pagi hari. Pada pukul 08.00 WIB, petugas Damkar sedang proses pendinginan lokasi kebakaran.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Berikut fakta-fakta mengenai kebakaran di Manggarai tersebut

1. Warga Mengungsi di Sisi Barat Stasiun

Warga yang terdampak kebakaran pun mengungsi di area pintu barat Stasiun Manggarai. PT KAI Commuter pun mengimbau penumpang kereta untuk keluar di pintu timur.

“Terdapat kebakaran pemukiman warga di sekitar area pintu barat Stasiun Manggarai. Sehubungan dalam proses pemadaman dan terdapat beberapa pengungsi di area pintu barat,” bunyi keterangan KAI Commuter di akun X-nya, Selasa (13/8).

KAI Commuter mengimbau penumpang KRL yang hendak ke stasiun masuk melalui pintu timur. Penumpang KA Bandara diimbau datang lebih awal guna mengantisipasi rekayasa lalin atau kemacetan di sekitar lokasi.

2. Operasional KRL Tak Terganggu

Kebakaran permukiman di dekat Stasiun Manggarai tidak mengganggu perjalanan KRL Commuter Line. Sementara itu, KA Bandara sempat dikeluarkan dari Depo Manggarai untuk antisipasi perambatan.

“Dapat kami sampaikan bahwa seluruh perjalanan Commuter Line yang melalui Stasiun Manggarai aman sesuai dengan jamnya,” ujar Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, dalam keterangannya.

Awalnya petugas menerima informasi terjadi kebakaran pada pukul 02.49 WIB di rumah warga yang terletak di samping gudang Depo Overhaul KAI Commuter di Manggarai. Di area tersebut terdapat Commuter Line Basoetta, petugas lalu mengevakuasi kereta Basoetta dengan mengeluarkannya dari depo tersebut.

“Atas kejadian ini semua, Commuter Line Basoetta dikeluarkan dari Depo Overhaul Manggarai tadi pagi. Sebagai antisipasi apabila api menyebar sampai ke area depo kami,” kata Joni.

Kebakaran rumah di Bali Matraman, Manggarai, Jakarta Selatan, telah padam. Kebakaran itu menghanguskan 100 rumah.Kebakaran rumah di Bali Matraman, Manggarai, Jakarta Selatan, telah padam. Kebakaran itu menghanguskan 100 rumah. (Ari Saputra/detikcom)

3. Gegara Charger Ponsel

Kebakaran rumah di Manggarai Jakarta Selatan diduga berasal dari charger ponsel. Korsleting itu membuat rumah terbakar.

“Menurut keterangan dari bapak Sukiman ketua RT 02 RW 06, keterangan (sumber api) dari casan (charger) HP,” ujar Kasudin Gulkarmat Jaksel Syamsul Huda kepada detikcom.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *