17 Agustus Memperingati Hari Apa? Selain HUT RI, Ada Peringatan Lainnya



Jakarta

Tanggal 17 Agustus memperingati sejumlah hari penting nasional dan internasional. Di Indonesia, tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan. Secara internasional, ada Hari Kemerdekaan Gabon, Hari Hewan Tunawisma, dan Hari Lebah Madu.

Berikut ini serba-serbi tentang peringatan hari-hari penting nasional dan internasional yang dirayakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya:

Tanggal 17 Agustus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945. Dan tahun ini, pada tanggal 17 Agustus 2024 bertepatan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 ini mengusung tema besar dengan slogan “Nusantara Baru, Indonesia Maju“. Maksud tema ini adalah karena tahun 2024 menjadi sebuah momen pembuka bagi beberapa transisi besar di Indonesia.

Selain itu, peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun ini merupakan sebuah batu loncatan besar bagi Indonesia, karena mengalami tiga transisi penting, yaitu menyongsong Ibu Kota baru, pergantian pemimpin, serta Indonesia Emas 2045.

Sama seperti Indonesia, Hari Kemerdekaan Gabon dirayakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Mengutip dari Nasional Hari Inihari ini menandai berdirinya sebuah negara Republik Gabon yang merdeka dari Prancis, yakni pada tahun 1960.

Untuk menghormati peringatan Hari Kemerdekaan negara mereka, semua tempat usaha komersial dan administratif diliburkan. Tahun ini, yakni pada tanggal 17 Agustus 2024 bertepatan dengan peringatan HUT ke-64 Kemerdekaan Republik Gabon.

Hari Hewan Tunawisma Internasional

Tanggal 17 Agustus 2024 memperingati Hari Hewan Tunawisma Internasional (Hari Hewan Terlantar Internasional). Seperti dilansir Nasional Hari IniHari Hewan Tunawisma Internasional dirayakan pada setiap hari Sabtu pekan ketiga di bulan Agustus, yang tahun ini jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024.

Hari ini diperingati dengan berbagai acara dan partisipasi setiap tahunnya. International Society for Animal Rights memperkenalkan Hari Hewan Tunawisma Internasional untuk menyebarkan kesadaran tentang kelebihan populasi hewan peliharaan dan telah melakukan pekerjaan yang berarti sejak saat itu, termasuk menyelamatkan nyawa jutaan hewan.

Tanggal 17 Agustus 2024 memperingati Hari Lebah Madu Sedunia (Hari Lebah Madu Sedunia). Mengutip dari National Today, Hari Lebah Madu Sedunia dirayakan setiap hari Sabtu pekan ketiga di bulan Agustus. Ini adalah hari yang mengingatkan semua akan keindahan dan nilai lebah.

Menurut Nasional Hari IniHari Lebah Madu Sedunia pertama kali diadakan pada tahun 2009, dan sejak saat itu semakin populer. Hari ini dimaksudkan untuk mempromosikan peternakan lebah, tetapi juga mengungkap banyak hal tentang lebah madu, dan manfaatnya bagi semua.

(wia/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *