Tentang Hari Kemanusiaan Sedunia, Diperingati Tanggal 19 Agustus 2024



Jakarta

Hari Kemanusiaan Sedunia atau Hari Kemanusiaan Sedunia (WHD) diperingati setiap tahun pada tanggal 19 Agustus. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan penderitaan warga sipil di seluruh dunia yang terjebak dalam konflik, dan juga untuk menghormati para pekerja kemanusiaan yang mempertaruhkan nyawa mereka saat bertugas.

Berikut ulasan tentang Hari Kemanusiaan Sedunia.

Dilansir situs PBB, Hari Kemanusiaan Sedunia ditetapkan pada tahun 2008 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pertama kali dirayakan secara resmi pada tahun 2009. Tanggal 19 Agustus dipilih karena bertepatan dengan peringatan pengeboman Hotel Canal di Baghdad, Irak, yang menewaskan 22 orang, termasuk Perwakilan Khusus PBB untuk Irak, Sergio Vieira de Mello.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Setiap tahun, WHD berfokus pada satu tema, menyatukan mitra dari seluruh sistem kemanusiaan untuk mengadvokasi kelangsungan hidup, kesejahteraan, dan martabat orang-orang yang terkena dampak krisis, serta keselamatan dan keamanan pekerja bantuan.

WHD adalah kampanye oleh Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan atau United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA).

Hari Kemanusiaan Sedunia 2024 mengusung tema #ActForHumanity. Meskipun hukum internasional telah berlaku selama 75 tahun untuk melindungi warga sipil dan pekerja bantuan, pelanggaran terus berlanjut.

Warga sipil dan pekerja kemanusiaan membayar harganya dengan nyawa mereka, sementara mereka yang bertanggung jawab lolos dari keadilan. Maka dari itu, pada Hari Kemanusiaan Sedunia 19 Agustus, PBB mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mengakhiri pelanggaran terhadap kemanusiaan.

Cara Memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia

Berikut beberapa kegiatan untuk memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia setiap 19 Agustus.

  1. Donasi ke organisasi kemanusiaan
    Ada banyak organisasi kemanusiaan di seluruh dunia yang membutuhkan bantuan. Sumbangan tenaga atau uang akan sangat berarti bagi para pekerja untuk membantu masyarakat yang menderita.
  2. Lakukan beberapa pekerjaan kemanusiaan
    Menjadi seorang pekerja kemanusiaan tidak harus berarti bepergian ke medan perang karena tujuan dari bantuan kemanusiaan adalah untuk meringankan penderitaan orang-orang. Mungkin ada banyak pilihan bagi Anda untuk melakukan hal itu di dekat rumah, seperti menjadi sukarelawan di tempat penampungan tunawisma, panti jompo, rumah sakit, atau tempat yang melayani anak-anak kurang mampu.

(kny/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *