Peringatan Hari Juang Polri, Kapolda Metro Bacakan Naskah Proklamasi Polisi




Jakarta

Polda Metro Jaya menggelar upacara Hari Juang Polri pagi ini, Rabu (21/8/2024). Upacara dilaksanakan di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam upacara ini, Kapolda Metro Irjen Karyoto membacakan naskah Proklamasi Polisi.

Upacara ini turut dihadiri oleh seluruh pejabat utama dan anggota Polda Metro Jaya. Upacara Hari Juang Polri sedang dalam pelayanan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Berikut ini teks Proklamasi Polisi yang dibacakan oleh Irjen Karyoto:

Proklamasi Polisi

Untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan polisi sebagai Polisi Republik Indonesia

Surabaya, 21 Agustus 1945

Atas nama seluruh warga polisi

Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I

Penetapan Hari Juang Polri 21 Agustus

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengesahkan Keputusan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024 dan Keputusan Kapolri Nomor KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pemilihan tanggal 21 Agustus sebagai Hari Juang Polri bukan tanpa alasan. Pada 21 Agustus 1945, terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia yang dilakukan oleh Polisi Istimewa (sebelumnya Bernama Tokubetsu Keisatsutai) di bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas I Moehammad Jasin.

Setelah proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, Menteri Negeri Otto Iskandar Dinata menetapkan status polisi segera dimasukkan ke kekuasaan Pemerintah Indonesia. Menyikapi hal tersebut, M Jasin sebagai Komandan Polisi Istimewa Surabaya mengadakan rapat bersama anggota lainnya membahas kedudukan polisi pasca proklamasi, kemudian disepakati pernyataan sikap kesetiaannya kepada Negara Republik Indonesia dengan menyusun teks Proklamasi Polisi.

Di bawah kibaran bendera Merah Putih, sekitar 250 anggota Kesatuan Polisi Istimewa berkumpul di halaman Markas Polisi Istimewa di Surabaya. Pada saat itu, M Jasin membacakan teks Proklamasi Polisi.

Ini menjadi momentum ketika seluruh polisi di negeri ini bersatu dengan nama Polisi Republik Indonesia yang terlepas dan diperalat oleh penjajah Jepang pada saat itu.

Tema Hari Juang Polri 2024

Polri memperingati Hari Juang Polri untuk pertama kalinya dengan menggelar upacara di Monumen Perjuangan Polri, Surabaya pada Rabu, 21 Agustus 2024. Tema Hari Juang Polri 2024 adalah ‘Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945, Polri Menyongsong Indonesia Emas 2045’.

Upacara Hari Juang Polri 2024 dilakukan di Monumen Perjuangan Polri, Surabaya pada Rabu (21/8/2024), pukul 08.00 WIB. Pada upacara tersebut, rencananya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

(saya/saya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *