Tanggal 24 Agustus Memperingati Hari Televisi Nasional, Ini Sejarahnya


Jakarta

Hari Televisi Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Agustus. Peringatan nasional ini juga menandakan hari ulang tahun stasiun TVRI (Televisi Republik Indonesia), sebagai stasiun televisi nasional pertama yang ada di dunia pertelevisian Indonesia.

Berikut ulasan tentang Hari Televisi Nasional 24 Agustus.

Peringatan Hari Televisi Nasional tanggal 24 Agustus berkaitan dengan HUT TVRI. Dikutip dari situs resminya, TVRI berdiri pada 24 Agustus 1962 (berdasarkan SK Menpen RI No.20/SK/VII/61), ditandai dengan siaran Asian Games ke IV di Stadion Utama Gelanggang Olah Raga Bung Karno.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Lalu, stasiun TVRI mengalami perkembangan yang cukup baik dengan munculnya kanal-kanal stasiun TVRI lain yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti TVRI Jakarta (1962), TVRI Yogyakarta (1962), TVRI Medan (1974), TVRI Bandung (1978), TVRI Surabaya (1978), TVRI Denpasar (1978), dan serentak pada awal tahun 1993 di daerah Ambon, Samarinda, serta Banda Aceh.

Stasiun TVRI melakukan siaran perdana pada tanggal 17 Agustus 1962 dalam acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-17, yang dilaksanakan di halaman Istana Merdeka Jakarta. Siaran tersebut menjadi percobaan pertama dari stasiun TVRI setelah diresmikan oleh pemerintah.

Kini, stasiun TVRI semakin berkembang pesat dengan kanal televisinya yang sudah menyebar di seluruh penjuru daerah di Indonesia. TVRI juga sudah memiliki banyak jaringan yang beragam, pembangunan beberapa stasiun penyiaran, dan menyediakan tampilan televisi yang lebih beragam serta meningkatkan kualitas resolusi gambar.

ilustrasi televisiIlustrasi televisi (Foto: Unsplash @glenncarstenspeters)

(kny/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *