Zulkifli Hasan Diangkat Menjadi Ketum PAN Periode 2024-2029




Jakarta

Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum PAN periode 2024-2029 dalam Kongres Ke-VI PAN hari ini. Keputusan ini diambil dalam Pleno 5 Kongres PAN yang diikuti oleh seluruh pengurus PAN tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Penetapan itu dilakukan di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, pada Jumat (23/8/2024) malam. Zulhas terpilih secara aklamasi.

“Maka diputuskan saudaraku Zulkifli Hasan di pleno 5 menjadi Ketua Umum terpilih PAN periode 2024-2029 secara aklamasi, bulat, mufakat, dan seluruh peserta dari 38 DPW dan 514 DPD,” kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dalam pleno.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Sementara itu, Zulhas mengatakan bahwa ia mendpat kepercayaan dari kader-kader PAN untuk kembali memimpin Partai Matahari putih itu.

“Ya Insya Allah, ini kepercayaan dari teman-teman para kader tentu amanah yang berat, tidak mudah di tengah situasi politik, persaingan politik, harapan masyarakat yang begitu tinggi. Tapi saya percaya dengan soliditas, dengan kebersamaan, dan teman-teman,” kata Zulhas.

Zulhas yang merupakan Menteri Perdagangan itu resmi memimpin PAN untuk periode ketiganya secara berturut-turut sejak 2015 lalu. Zulhas merupakan ketua umum terlama sejak partai berlambang matahari putih ini didirikan pada 1998 lalu.

Ketum pertama PAN, Amien Rais, hanya memimpin partai selama delapan tahun yaitu mulai 1998 sampai 2005. Adapun PAN kini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

(bel/azh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *