Menkominfo Bicara 3 Pendekatan Transformasi Digital Menuju Indonesia Maju




Jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berbicara mengenai kondisi kebudayaan Indonesia saat ini. Dia menjelaskan 3 pendekatan transformasi digital menuju Indonesia maju.

Hal itu disampaikan Budi saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Pertamina Creativepreneur Summit 2024 di JCC Senayan Jakarta, Minggu (25/8/2024). Budi mengatakan Indonesia dihadapkan pada kondisi di mana transformasi digital adalah sebuah keharusan.

“Hari ini kita dihadapkan pada sebuah kondisi di mana transformasi digital ini adalah sebuah keharusan, keniscayaan. Nah aspek transformasi digital itu ada tiga pendekatan,” kata Budi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Dia mengatakan ada 3 pendekatan aspek transformasi digital. Pertama, pendekatan ekosistem. Kedua, pendekatan kewilayahan.

Kemudian yang terakhir adalah pendekatan kreativitas dan inovasi. Budi mengatakan pendekatan tersebut harus dibawa untuk kemajuan Indonesia. Sebab, 20 tahun ke depan seluruh negara di dunia akan maju jika melewati proses digitalisasi.

“Dan yang terakhir, yang penting adalah bagaimana pendekatan tentang kreativitas dan inovasi ini bisa kita munculkan dalam transformasi digital ini. Karena kita sadar bahwa pendekatan-pendekatan ini harus membawa ke arah kemajuan,” jelasnya.

“Karena seluruh negara di dunia dalam 20 tahun ke depan akan maju kalau mereka lagi mampu melewati proses digitalisasi. Dan hari ini kondisi itu juga mempengaruhi semua hal. Budaya, perilaku dan juga cara berpikir, bertindak masyarakat juga berubah,” tambahnya.

Dia mengatakan digitalisasi membuat semua hal menjadi serba cepat dan mudah. “Karena dengan digitalisasi semua menjadi lebih serba cepat, serba mudah. Karena bottom line dari digitalisasi adalah bahwa masyarakat harus membuat masyarakat menjadi lebih produktif,” tuturnya.

Budi mengatakan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah bagaimana mendorong masyarakat untuk menjadikan kemajuan teknologi digital sebagai arah kemajuan yang positif bagi masyarakat.

“Jadi saya pikir langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah bagaimana mendorong masyarakat untuk menjadikan kemajuan teknologi digital ini sebagai arah kemajuan yang lebih positif dan produktif bagi masyarakat,” tutupnya.

(knv/knv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *