Menkes Sebut Polisi Gelar Perkara Dugaan Perundungan ‘dr ARL’ Besok




Jakarta

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan polisi akan melakukan gelar perkara terhadap dugaan kasus perundungan dr ARL residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip) besok. Ia mengatakan, dengan demikian, kasus tersebut akan mencapai titik terang.

“Kasus Undip itu nanti polisi kalau nggak salah ada gelar perkara hari Jumat ini bersama Ibu Irjen. Sesudah itu saya rasa lebih jelas kasusnya,” kata Budi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2024).

Budi menyebutkan kasus ini sudah lama dilimpahkan ke Polda Jawa Tengah. Ia mengatakan Kemenkes juga sudah mengunjungi keluarga korban secara langsung.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Cukup lama seminggu dua minggu. Dua Minggu (pelimpahan ke Polda). Saya dikasih oleh keluarga waktu saya menjenguk di Tegal, waktu Bapaknya ada di sana, kan diskusi sama keluarga, kita diberikan banyak bahan dari mereka. Biarkan prosesnya berjalan normal,” tambahnya.

Sebelumnya, Budi mengatakan pihaknya telah mendapat bukti perundungan atau penindasan di balik meninggalnya dokter ARL yang merupakan residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) anestesi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip). Dia mengatakan bukti-bukti perundungan itu sudah lengkap.

“Kita sudah dapat semua WA-nya, catatannya, semua rekamannya. Itu kan para PPDS itu dipanggil, kemudian diarahkan, diintimidasi, harus begini-begini,” kata Budi Gunadi di RSUP Dr Sardjito, seperti dilansir detikJogjaRabu (28/8).

Budi Gunadi tidak menjelaskan secara detail apa isi rekaman itu. Dia menegaskan bukti-bukti perundungan itu sudah diserahkan ke polisi. Budi mengaku ingin menghapuskan penindasan di dunia pendidikan kedokteran.

“Kan dapat juga kita rekamannya itu sudah ada semua. Jadi udah gamblang,” ujarnya.

“(Hasil investigasi) Sudah kita berikan ke polisi,” kata Budi Gunadi.

Diketahui, seorang dokter yang merupakan mahasiswi PPDS Prodi Anestesi Undip ditemukan meninggal di kamar kos. Dia diduga meninggal setelah dengan menyuntikkan obat yang diduga dipicu penindasan para seniornya.

Simak Video: Anggota Komisi IX DPR soal Temuan Baru di Kasus PPDS Undip

[Gambas:Video 20detik]

(dwr/maa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *