1 September Peringati Hari Menulis Surat Sedunia, Ini Serba-serbinya


Jakarta

Tanggal 1 September memperingati Hari Menulis Surat Sedunia (Hari Penulisan Surat Sedunia). Hari ini mendorong semua orang di seluruh dunia untuk menulis surat dengan pena dan kertas, yang bermaksud untuk mempelajari seni menulis surat.

Peringatan Hari Menulis Surat Sedunia adalah tentang memberikan penghormatan kepada bentuk komunikasi yang sudah ada sejak dahulu kala, yaitu menulis surat. Momen ini memberi kesempatan besar kepada setiap orang untuk terhubung kembali dengan orang-orang yang mungkin sudah lama tidak berkomunikasi.

Sejarah dan Latar Belakang

Mengutip dari Hari-hari dalam setahunHari Penulisan Surat Sedunia didirikan oleh Richard Simpkin, seorang penulis, seniman, dan fotografer Australia. Pengingat ini sebagai apresiasi atas kegembiraan dan kebahagiaan yang dirasakannya saat surat tulisan tangan sampai di kotak suratnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Apresiasinya terhadap tulisan tangan muncul sebagai hasil dari sebuah proyek yang ia kerjakan yang disebut “Australian Legends”. Pada tahun 2005, Richard mengirimkan surat kepada semua orang yang ia anggap sebagai “Legenda Australia” dengan tujuan untuk mengatur sesi wawancara dan fotografi.

Dalam rangka lebih menghargai surat tulisan tangan, Richard Simpkin kemudian menciptakan peringatan Hari Menulis Surat Sedunia pada tahun 2014. Ia juga mengadakan sebuah acara lokakarya menulis surat di sekolah-sekolah untuk mempromosikan seni menulis surat dengan pena atau tulisan tangan.

Menulis surat cinta.Illustra menulis surat (Foto: Towfiqu Barbhuiya/Unsplash)

Cara Merayakan Peringatan

Ada banyak cara dan kegiatan yang bisa dilakukan untuk turut berpartisipasi dalam merayakan peringatan Hari Penulisan Surat setiap 1 September. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan:

  • Mempelajari seni dan metode penulisan surat tulisan tangan yang baik dan benar.
  • Melatih dan mencoba menulis surat tulisan tangan dan mengirimkannya melalui pos.
  • Menyebarluaskan informasi penting tentang peringatan Hari Penulisan Surat Sedunia.
  • Meramaikan media sosial dengan ucapan, twibbon dan hashtag Hari Penulisan Surat.
  • Berpartisipasi dalam acara atau kegiatan dari komunitas sosial tentang penulisan surat.

(melalui/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *