Ada Kabar ‘Geng TKI’ Jepang Meresahkan, KBRI Minta WNI Tertib-Jaga Nama RI




Jakarta

Beredar kabar viral, Tenaga Kerja Indonesia (TKI/buruh migran) di Jepang membikin geng di Osaka dan membuat resah warga setempat. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo meminta Warga Negara Indonesia (WNI) di Jepang untuk bersikap tertib. Soalnya, mereka juga membawa nama Indonesia di mata warga Jepang.

KBRI Tokyo menyiarkan imbauan menanggapi kabar viral tersebut, Sabtu (31/8/2024). Kabar tersebut menyebut sekelompok WNI mengganggu ketertiban umum.

“KBRI Tokyo dan KJRI Osaka mengimbau seluruh WNI di Jepang untuk mematuhi nilai, norma, kebiasaan, dan aturan hukum setempat. Setiap pelanggaran memiliki konsekuensi yang menjadi tanggung jawab pelaku,” tulis KBRI Tokyo.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

WNI di Jepang diimbau agar turut serta menjaga ketertiban umum. Nama baik Republik Indonesia (RI) perlu dijaga agar tidak tercemar karena ulah segelintir warganya yang tidak tertib.

“(Mengimbau) Menjaga nama baik bangsa dan negara,” tulis KBRI Tokyo.

[Gambas:Instagram]

Kemudian, WNI di Jepang juga diimbau untuk saling mengingatkan dan menjaga komunikasi dengan simpul masyarakat dan perwakilan RI. KBRI Tokyo mengingatkan bahwa aparat setempat memiliki otoritas mengambil tindakan hukum kepada warga negara asing yang melanggar keteriban.

“Jangan sampai cita-cita luhur untuk sukses di rantau terhambat karena perilaku kita sendiri. Mari kita jaga nama baik Indonesia!” tulis KBRI Tokyo.

(dnu/idh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *