Hutan Kawasan Bromo di Lumajang Kebakaran




Jakarta

Hutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya berada di Desa Argosari, Senduro, Lumajang, terbakar hebat. Kebakaran terjadi sejak sore tadi.

Dilansir detikJatimSenin (2/9/2024), salah satu warga Desa Argosari bernama Juma’i menyebutkan kebakaran itu mulai terjadi sejak sekitar pukul 15.00 WIB. Lokasi yang terbakar berada di kawasan Perbukitan Ebeng-Ebeng desa setempat.

Menurutnya, api dengan cepat membakar pohon cemara serta ilalang yang mengering akibat musim kemarau. Kebakaran hutan diduga akibat musim kemarau yang mengakibatkan pepohonan dan ilalang mengering sehingga mudah terbakar.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Untuk yang terbakar berada di puncak perbukitan dan jauh dari jalan yang dilalui warga. Yang terbakar pohon cemara dan ilalang yang kering akibat musim kemarau,” kata Juma’i kepada detikJatim.

Belum ada data resmi dari TNBTS mengenai luasan hutan yang terbakar. Humas TNBTS Hendra memastikan bahwa api tidak sampai menjalar ke pemukiman warga. Menurutnya petugas hingga kini masih melakukan proses pemadaman kebakaran hutan.

“Lokasi yang terbakar masuk wilayah TNBTS. Petugas hingga saat ini masih melakukan proses pemadaman,” ujar Hendra kepada detikJatim.

Baca selengkapnya di Di Sini

(lir/aud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *