Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia mencapai US$150,2 miliar pada akhir Agustus 2024, melesat dibanding Juli yang US$145,4 miliar.

Cadangan Devisa RI Melesat Jadi US$150,2 M per Agustus 2024




Jakarta, CNN Indonesia

Bank Indonesia mencatat posisi cadangan devisa Indonesia mencapai US$150,2 miliar pada akhir Agustus 2024.

Cadangan ini melesat dibandingkan akhir Juli 2024 yang sebesar US$145,4 miliar. BI dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Jumat (6/9) ini menyatakan lonjakan posisi cadangan devisa tersebut ditopang oleh penerimaan pajak dan jasa, penerimaan devisa migas, serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Posisi cadangan devisa pada akhir Agustus 2024 setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” kata mereka.

Bank Indonesia menyatakan cadangan devisa itu memadai sehingga dapat terus mendukung ketahanan sektor eksternal.

“Bank Indonesia juga terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dalam memperkuat ketahanan eksternal sehingga dapat menjaga stabilitas perekonomian dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” kata mereka.

[Gambas:Video CNN]

(pertengahan)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *