Kementerian PUPR mendapat penambahan anggaran Rp40,59 triliun pada 2025 sehingga bertambah jadi Rp116 triliun. Dari jumlah itu, Rp9 triliun untuk IKN.

PUPR Dapat Tambahan Anggaran Rp9 T untuk IKN di 2025




Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi mendapat persetujuan penambahan anggaran Rp40,59 triliun pada 2025. Dengan tambahan ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kementeriannya mendapatkan gelontoran anggaran Rp116,23 triliun.

Penambahan itu termasuk untuk kelanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebanyak Rp9,19 triliun. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mulanya merinci tambahan anggaran Rp40,59 triliun digunakan untuk tiga hal utama.

Pertamapenyelesaian pembangunan bendungan dan jaringan irigasi untuk ketahanan pangan sebesar Rp11,9 triliun.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Keduauntuk renovasi prasarana sekolah yang rusak sebesar Rp19,5 triliun. Ketiga, untuk menyelesaikan pembangunan IKN sebesar Rp9,19 triliun.

“Dan untuk penyelesaian pembangunan IKN dan mengoperasikan bangunan-bangunan yang sudah dibangun sampai sekarang terutama di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) itu sebesar Rp9,19 triliun,” tutur Basuki saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Sebelumnya, IKN mendapat alokasi anggaran sebesar Rp4,1 triliun untuk pembangunannya pada 2025 dari Kementerian PUPR. Angka ini terbilang kecil dibandingkan dengan alokasi anggaran 2024 sekitar Rp35,37 triliun.

Komisi II DPR RI juga menyetujui usulan penambahan anggaran yang diajukan Otorita IKN sebesar Rp27,8 triliun pada tahun depan.

[Gambas:Video CNN]

(berbagi/pikiran)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *