Megawati Tiba di St Petersburg, Disambut Dubes RI untuk Rusia




St. Petersburg

Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tiba di St Petersburg, Rusia. Megawati bakal melakukan sejumlah kegiatan di St Peterseburg.

Megawati tiba di Bandara Pulkova, St Peterseburg, Sabtu (14/9/2024) malam waktu setempat. Megawati disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Rusia, Jose Tavares.

Selain itu, tampak Wakil Ketua MPR sekaligus Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah ikut menyambut Megawati. Basarah datang ke St Petersburg setelah melaksanakan tugas dinas pimpinan MPR di Jerman.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Kapan kamu datang dari Jerman?” tanya Megawati ke Basarah.

“Baru tadi subuh, Bu,” jawab Basarah.

Megawatiyang memakai kemeja putih, terlihat didampingi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Anggota DPR F-PDIP Herman Hery dan beberapa sahabat dekat yang menemani Megawati.

Duta Besar Dunia Pendidikan dan Iptek untuk St Petersburg University, Connie Rahakundini Bakrie, juga ikut menyambut Megawati. Connie terlihat mengajak Megawati untuk rehat sejenak dan menikmati teh di holding room.

“Silahkan, Bu Connie kan tuan rumah,” canda Megawati saat mendengar ajakan Connie untuk ngeteh.

Wakil Ketua Komisi Hubungan Eksternal St Petersburg Vyacheslav Kalganov juga terlihat menyambut Megawati. Mereka terlihat ngobrol akrab.

Megawati kemudian berangkat ke pusat kota untuk menuju tempat menginap. Dia dijadwalkan melakukan sejumlah kegiatan di kota kelahiran Presiden Rusia Vladimir Putin tersebut.

Putri Proklamator RI Ir Sukarno tersebut akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan Megawati dijadwal melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas St Petersburg Prof Nikolay Kropachev dan memberikan kuliah umum di kampus tempat Putin menempuh pendidikan tersebut.

Hari berikutnya, Megawati akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St Petersburg di Balai Kota. Megawati juga akan menjadi keynote speaker di Forum Rektor Universitas se-Rusia.

Megawati juga bakal melakukan peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad. Usai dari Rusia, Megawati akan melanjutkan perjalanan ke Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam Besar Al Bukhori di Samarkand dan menerima gelar doktor kehormatan dari Silk Road University, Samarkand.

(haf/kecapi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *