Gempa M 5,6 Berau Bagian dari 2 Gempa Beruntun




Jakarta

BMKG mengatakan gempa M 5,6 di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan jenis gempa dangkal. Ternyata, gempa M 5,6 di Berau itu bagian dari dua gempa beruntun.

“2 gempa beruntun guncang Semenanjung Mangkalihat Kalimantan Timur. Gempa pertama Mag 4,1 disusul gempa lebih besar M 5,6,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Minggu (15/9/2024).

Gempa ini dirasakan di beberapa tempat. Yakni dirasakan di daerah Berau, Tanjung Redep, Teluk Bayur , Tanjung Selor,Tarakan,Bulungan dengan skala intensitas III-IV MMI.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Skala III artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sementara skala IV artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” sambung Daryono.

Diketahui sebelumnya, gempa mengguncang Berau. Gempa terjadi pada pukul 20.08 WIB. Gempa ada pada titik koordinat 1,28 lintang utara dan 118,42 bujur timur.

(isa/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *