Mengenal 12 Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW di Nusantara



Jakarta

Ada berbagai macam tradisi Maulid Nabi di Nusantara yang biasa diselenggarakan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing tradisi yang masih dilestarikan ini memiliki maknanya masing-masing.

Mengutip dari Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Bimas Islam Kemenag RI), berikut ini rangkuman 12 tradisi Maulid Nabi dari berbagai daerah di Indonesia:

1. Tradisi Buat Ketupat Sampang di Madura

Tradisi pembuatan ketupat dari daun kelapa ini masih dilestarikan oleh masyarakat di Madura. Biasanya diselenggarakan dalam rangka hari besar, seperti saat Maulid Nabi Muhammad SAW.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

2. Tradisi Grebeg Maulud di Yogyakarta dan Surakarta

Salah satu tradisi yang masih dilestarikan di wilayah Yogyakarta dan Surakarta adalah Grebeg, yang memiliki arti masyarakat akan mengikuti Sultan, para pembesar yang keluar dari keraton untuk upacara Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid. Sebelum sampai pada puncaknya, tradisi ini memiliki tahapan yang harus diikuti.

3. Tradisi memasak Kuah Beulangong di Aceh

Tradisi dalam rangka menyambut dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang masih dilestarikan oleh masyarakat Aceh adalah memasak Kuah Beulangong. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama dengan menu wajibnya dala daging sapi dengan kuah kari.

4. Tradisi Baayun Maulid di Banjar

Kata Bayun sendiri berarti ayunan atau buaian. Sedangkan kata Maulid merujuk pada lahirnya Nabi Muhammad SAW. Jadi, makna Baayun Maulid adalah kegiatan mengayunkan bayi sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran Nabi SAW.

5. Tradisi Bunga Lada di Padang Pariaman

Tradisi yang masih dilestarikan setiap keluarga di Padang Pariaman adalah Bungo Lado. Tradisi ini adalah dengan membuat pohon hias yang diberi tanda daun Bungo Lado. Pohon hias ini lalu disumbangkan ke panti asuhan.

6. Tradisi Baca Kitab Al-Barzanji di Jepara

Tradisi dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini masih dilestarikan oleh masyarakat di Jepara. Tradisi ini diisi dengan kegiatan membaca kitab al-Barzanji, lalu dilanjut dengan tausiyah dan doa bersama.

7. Tradisi Maulid Bale Saji di Bali

Mengarak Bales Saji merupakan salah satu tradisi dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW yang masih dilestarikan oleh masyarakat di Bali. Bale Saji yang berisi hiasan bunga dari telur dan kertas ini memiliki makna melambangkan kelahiran.

8. Tradisi Karts Rammang-rammang di Sulawesi Selatan

Tradisi Karts Rammang-rammang, ini dirayakan dengan mengarak ratusan paket makanan menggunakan lebih dari 50 perahu di sepanjang sungai. Perayaan ini adalah wujud rasa cinta pada Nabi dan rasa syukur atas nikmat sungai yang telah memberikan mata pencaharian. Acara ini dilengkapi hiasan ribuan telur.

9. Tradisi Sholat Nabi dan Puisi Al-Barzanji di Lombok

Salah satu tradisi Maulid Nabi yang masih dilestarikan oleh masyarakat di Lombok adalah pembacaan shalawat Nabi dan puisi al-Barzanji. Setelah itu diadakan berbagai lomba dan parade keliling desa

10. Tradisi Mengarak Ratusan Telur di Banyuwangi

Tradisi yang masih dilestarikan adalah mengarak ratusan telur yang telah ditancapkan pada jodang (batang pohon pisang dan ancak (wadah yang berisi nasi dan lauknya. Setelah diarak, jodang dan ancak dibawa ke masjid untuk dibacakan shalawat dan doa Kemudian acara dilanjut dengan pembagian telur dan makan bersama.

11. Tradisi Keresan di Mojokerto

Dalam bahasa Jawa, pohon kersen disebut keres. Kesulitan ini sama seperti memanjat pinang. Masyarakat akan mengambil oleh-oleh yang digantung di dahan dua pohon kersen. Tradisi ini biasanya diadakan dalam rangka Maulid Nabi.

12. Tradisi Sebar Udikan Madiun

Tradisi yang masih dilestarikan di daerah Madiun adalah masyarakat menyebar uang koin yang diwariskan nenek moyang di halaman rumah warga. Peserta yang mengikuti tradisi akan berebut koin yang berjumlah belasan juta rupiah.

(melalui/imk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *