Paloh Harap Prabowo Prioritaskan Menteri di Luar NasDem: Ini Etika Politik




Jakarta

Ketua Umum NasDem Surya Paloh berharap Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memprioritaskan menteri untuk partai pendukung yang lain. Sebab, Paloh sadar NasDem tidak mendukung Prabowo sejak awal Pilpres 2024.

Diketahui saat Pilpres 2024, Partai NasDem berada dalam posisi berlawanan dengan koalisi yang mendukung Prabowo. NasDem mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Namun, belakangan Paloh telah menyatakan sikap akan mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran, yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang.

“Jawaban yang jujur saya mengutarakan kepada Pak Prabowo NasDem memberikan kesempatan kepada beliau dan kepada seluruh kebijakan kebijakan beliau untuk memprioritaskan seluruh partai-partai politik di luar partai NasDem untuk masuk di kabinet,” kata Paloh kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Artinya NasDem bukan prioritas, itu yang saya harapkan,” sambung dia.

Paloh merasa tidak etis bila NasDem meminta kursi kepada Prabowosedangkan partai lain yang dari awal berjuang bersama Prabowo dikesampingkan. Paloh menyinggung soal etika berpolitik.

“Tapi tidak kalah terhormat untuk memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita, partai-partai politik lainnya. Jadi, kalau bisa mempertimbangkan NasDem itu paling ujung saja, paling belakang saja. Bukan nomor satu,” ucap Paloh.

“Karena kita tahu, secara etik kita bukan yang memperjuangkan sejak awal pada Pilpres untuk mendukung Pak Prabowo. Ini ada proses pendidikan dan etika politik yang ingin diupayakan,” tambahnya.

Kendati begitu, Paloh mengaku sudah sudah lebih dari satu kali bertemu dengan Prabowo terkait komposisi kabinetnya. Bahkan, dia menyebut sudah sekitar 3 kali bertemu dan membahas perihal itu dengan Prabowo.

“Sudah lebih dari satu kali pembicaraan. kalau memang komunikasi dengan saya selaku Ketua Umum Partai NasDem itu sudah lebih paling tidak mungkin dua, tiga kali,” pungkasnya.

(dan/lir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *