Setelah 32 Tahun, Penataan Ulang Borobudur Rampung di Era Jokowi




Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut penataan kawasan Borobudur rampung di era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Luhut mengatakan bahwa penataan ini sudah dilakukan selama 32 tahun.

Luhut menyampaikan itu di sela meninjau bangunan museum dan Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (19/9/2024). Jokowi akan meresmikan pembangunan museum dan Kampung Seni Borobudur pada Oktober 2024.

Diketahui, pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tahap kedua di Borobudur antara lain penataan zona hijau di Taman Wisata Candi Borobudur, pembuatan lapangan pengganti Kujon, museum dan Kampung Seni Borobudur, serta pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Pasuruhan di Kecamatan Mertoyudan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Tadi kita sudah melihat renovasi atau penataan ulang Borobudur. Ini sudah dikerjakan selama 32 tahun, tapi baru rampung di akhir pemerintahan Pak Jokowi. Dan kemarin juga Pak Jokowi sudah tanda tangan Perpres (tata kelola kawasan Candi Borobudur) sehingga penataan Borobudur sudah akan terpadu,” kata Luhut dilansir detikJatengKamis (19/9/2024).

Luhut didampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, Sekda Pemprov Jateng Sumarno, Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto, dan tamu undangan lainnya.

“Kami dengan Pak Sandiaga Uno menyampaikan sebelum presiden meresmikan ini nanti pada Oktober minggu pertama-kedua, Itu kita lakukan hearing. Kita masih mau dengar lagi masukan-masukan dari masyarakat. Karena ini (Candi Borobudur) milik kita semua dan mahakarya lebih dari 1.200 tahun yang lalu,” ujar Luhut.

Baca berita selengkapnya di sini.

(rdp/idh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *