Ada Makna Khusus saat Mega Pakai Kerudung Fatmawati ke Makam Al Bukhari



Samarkand

Presiden ke-5 RI sekaligus Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakai kerudung putih milik ibundanya, Fatmawati, saat berziarah ke Makam Imam Al Bukhari di Samarkand, Uzbekistan. Ada pesan khusus yang hendak ditunjukkan Megawati dengan memakai kerudung warisan ibundanya tersebut.

Megawati berziarah ke makam Al Bukhari di Samarkand pada Jumat (20/9/2024). Imam Al Bukhari adalah perawi hadis Nabi Muhammad SAW yang paling banyak jumlahnya dan paling shahih.

Megawati terlihat menggunakan kerudung berwarna putih dan baju merah saat berziarah. Kerudung yang dipakai itu ternyata dulu dikenakan ibu kandungnya, Fatmawati Soekarno.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Kerudung tersebut disimpan dengan baik oleh Megawati. Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah yang turut mendampingi Megawati saat ziarah mengatakan Megawati sengaja memakai kerudung itu sebagai bentuk penghormatan dari kedua orang tuanya, Sukarno dan Fatmawati, terhadap Al Bukhari.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakai kerudung putih milik ibundanya, Fatmawati, saat berziarah ke Makam Imam Al Bukhari di Samarkand, UzbekistanKetum PDIP Megawati Soekarnoputri memakai kerudung putih milik ibundanya, Fatmawati, saat berziarah ke Makam Imam Al Bukhari di Samarkand, Uzbekistan Foto: Haris Fadil

“Ibu Megawati sengaja mengenakan kerudung Fatmawati saat ziarah ke makam Imam Bukhari karena ingin menunjukkan penghormatan dari kedua orang tuanya, Bung Karno dan Fatmawati, di mana makam Imam Bukhari itu ditemukan dan dipugar oleh Pemerintah Uni Soviet atas permintaan Presiden Sukarno tahun 1956 dan Ibu Fatmawati sebagai seorang Ibu yang banyak mengajarkan nilai-nilai agama Islam kepada Megawati dan putra-putri Bung Karno yang lain,” ujar Basarah.

Basarah mengatakan Fatmawati merupakan anak pimpinan Muhammadiyah di Bengkulu. Dia menyebut Sukarno banyak belajar tentang Islam hingga menjadi anggota dan Pimpinan Muhammadiyah pada 1938-1942 setelah berguru kepada Hassan Tjik Dien, yang merupakan ayah Fatmawati.

Megawati mendoakan agar bangsa Indonesia khususnya umat Islam Indonesia dapat menjadikan hadis-hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari sebagai rujukan dan pencerahan dalam menjalankan nilai-nilai ketuhanan yang membawa nilai kemajuan bagi peradaban umat Islam dan juga umat manusia. di muka bumi. Islam menurut Megawati adalah agama yang berkah bagi dunia, agama yang berkah bukan hanya bagi seluruh umat manusia tetapi juga berkah bagi alam semesta,” kata Basarah.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakai kerudung putih milik ibundanya, Fatmawati, saat berziarah ke Makam Imam Al Bukhari di Samarkand, UzbekistanKetum PDIP Megawati Soekarnoputri memakai kerudung putih milik ibundanya, Fatmawati, saat berziarah ke Makam Imam Al Bukhari di Samarkand, Uzbekistan Foto: Haris Fadil

Megawati berdoa didampingi Ketua Kompleks Al Bukhari Dehqonboy Ermamato, penerjemah Maksud Khosimov dan Imam kehormatan kompleks Masjid Imam Al Bukhari Mahmudjon Ibodullaev. Megawati tampak mengangkat tangan sambil membacakan berdoa yang dibawakan Ibodullaev.
Megawati tampak meneteskan air mata sambil berdoa. Dia pun sesekali mengusap air matanya dengan tisu.
Setelah ziarah selesai, Megawati terlihat menyerahkan cinderamata ke pengelola makam. Megawati dan rombongan bergerak menuju Imam Bukhari International Scientific Research Center.

(haf/aik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *