Kaesang Pakai Rompi ‘Putra Mulyono’, Demokrat: Cara Kreatif Respons Kritik




Jakarta

Partai Demokrat menilai Ketum PSI Kaesang Pangarep yang mengenakan rompi ‘Anak Mulyono’ saat blusukan ke Tangerang, Banten, adalah salah satu cara untuk merespons kritikan. Menurutnya, Kaesang mempunyai cara yang kreatif dalam merespons kritikan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami menilai terkait Mas Kaesang yang mengenakan rompi ‘Putra Mulyono’ saat blusukan ke Tangerang merupakan cara kreatif dan santai Mas Kaesang dalam merespons berbagai kritik yang ditujukan kepada Pak Jokowi, utamanya di media sosial yang kerap menggunakan nama Mulyono, nama Pak Jokowi waktu kecil,” kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Rabu (25/9/2024).

Kamhar menilai cara merespons kritikan yang bermuatan tendensius dengan santai, menunjukkan kebesaran jiwa. Menurutnya, langkah yang dilakukan Kaesang dapat menetralkan kritikan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Sejatinya respons santai atas kritik, apalagi yang memiliki muatan tendensius menunjukkan bentuk kebesaran jiwa. Termasuk jika kemudian kritik itu dijadikan semacam lelucon untuk menetralisir sehingga istilah yang digunakan sebagai simbol kritik menjadi tawar atau terdegradasi. Makna negatifnya menjadi berkurang bahkan hilang,” jelasnya.

Kamhar juga menyinggung soal cara wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka dalam merespons kritik terkiat asam sulfat. Gibran saat itu juga mengenakan jersey bertuliskan Samsul saat bermain futsal.

“Benar, cara serupa pernah digunakan Mas Gibran dulu saat dikritik soal asam sulfat alias Samsul. Cara itu kemudian membuat istilah Samsul yang semula menjadi ikon kritik dan bermuatan negatif menjadi semacam candaan yang kemudian netral, lalu dilupakan,” katanya.

Diketahui pada Selasa (24/9) kemarin Kaesang melakukan blusukan di wilayah Tangerang, Banten. Dalam kegiatan itu, Kaesang mengenakan rompi hitam bertulisan ‘Putra Mulyono’.

Tampak rompi itu berwarna hitam. Terdapat gambar siluet pria duduk yang disebut mirip dengan Presiden Jokowi.

(lir/jbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *