Sanca 4 Meter Dievakuasi di Bekasi, Sempat Lilit Kaki Warga



Bekasi

Kemunculan ular sanca dewasa mengagetkan warga di Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota BekasiJawa Barat (Jabar). Warga menjadi heboh karena sebelumnya juga muncul mereka seperti di lokasi yang sama beberapa hari lalu.

Ular tersebut lalu ditangkap oleh warga. Salah satu yang terjun mengevakuasi ular ialah pria yang akrab disapa Eko Uban.

“Kemarin saya dihubungi warga, saya tanya bagikan lokasi. Kebetulan dekat dari rumah, jadi saya datang sendiri,” kata Eko, yang merupakan anggota organisasi penyelamatan Panakawan Rescue, Kamis (26/9/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Dia mengatakan, beberapa hari lalu, warga juga menemukan sanca di kali perumahan di daerah Aren Jaya, Bekasi Timur. Peristiwa penemuan ular sanca itu terjadi pada Rabu (25/9) sekitar pukul 22.00 WIB.

Eko mengatakan awalnya ada seorang warga yang sudah berupaya menangkap ular sanca tersebut. Warga itu sempat dililit sanca yang panjangnya sekitar 4 meter.

“Karena faktor keamanan, dua orang nangkap di bawah kolong jembatan. Karena kalau sendiri, bahaya, kalah tenaganya,” ujarnya.

Kemunculan ular sanca dewasa mengagetkan warga Bekasi. Warga menjadi heboh karena sebelumnya juga muncul ular sanca di lokasi yang sama beberapa hari lalu. (dok Pribadi/Eko Uban)Kemunculan ular sanca dewasa mengagetkan warga Bekasi. Warga menjadi heboh karena sebelumnya juga muncul ular sanca di lokasi yang sama beberapa hari lalu. (dok Pribadi/Eko Uban)

“Evakuasi sekitar 15 menit. Posisi di kali, warga sempat kelilit kakinya, saya bantuin dulu awalnya, setelah itu ular dievakuasi,” tambah dia.

Ular tersebut lalu dimasukkan ke karung goni. Eko menjelaskan beberapa penyebab munculnya dua ular sanca dalam kurun waktu sepekan di lokasi tersebut.

“Jadi kenapa sekarang ular keluar? Pertama habitat, habitatnya terganggu. Kemudian sekarang lagi musim kawin, Juli dan Agustus. Ibaratnya lagi jalan-jalan habis kawin. Dan kemarin kan hujan deras ya, jadi mungkin tempat dia terendam, jadi dia nyari tempat yang nyaman,” jelasnya.

(jbr/mei)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *