Rangkaian HUT Ke-79, KAI Gelar Tabur Bunga di TMP Cikutra




Jakarta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan Upacara Tabur Bunga sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kereta Api Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo bersama jajaran direksi KAI lainnya melaksanakan upacara tabur bunga pada pukul 15.28 WIB. Acara ini diawali dengan mengheningkan cipta serta penghormatan kepada para pahlawan dengan suasana penuh khidmat.

Didiek Hartantyo kemudian meletakkan karangan bunga di Tugu TMP Nasional Cikutra, tepat di depan Monumen Esa Hilang Dua Terbilang. Prosesi tabur bunga pun dilanjutkan oleh jajaran KAI di pusara para pahlawan.

“Upacara Tabur Bunga ini kami lakukan untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemajuan perkeretaapian di Indonesia. Keberhasilan perkeretaapian saat ini tidak terlepas dari pengorbanan mereka dalam upaya kemerdekaan Indonesia,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Anne menjelaskan peran kereta api dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia tercatat dalam sejarah. Terutama pada masa pendudukan Jepang karena kereta api digunakan untuk keperluan militer.

Pasca kemerdekaan, kereta api tetap menjadi alat vital dalam pergerakan para pejuang, khususnya selama agresi militer Belanda. Hingga kini, kereta api terus berinovasi untuk melayani masyarakat dan mendukung distribusi logistik di seluruh wilayah Indonesia.

“Upacara Tabur Bunga ini juga menjadi momentum bagi insan KAI untuk menjadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam melanjutkan perjuangan membangun perkeretaapian. Dengan semangat yang diwariskan oleh para pahlawan, KAI berkomitmen menghadirkan teknologi transportasi kereta api yang semakin maju dan berkelanjutan,” terangnya.

Ia mengungkapkan peringatan HUT tahun ini mengusung tema ‘Safety and Sustainability’. Tema ini diangkat sebagai komitmen KAI terhadap keselamatan dan keberlanjutan transportasi kereta api.

“KAI juga terus berupaya menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan berkesan bagi para pelanggan, sejalan dengan tema Safety and Sustainability,” pungkasnya.

(anl/ega)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *