7 Fakta Kebakaran Gedung Perintis Kemerdekaan Saat Ada Renovasi



Jakarta

Kebakaran terjadi di Gedung Perintis Kemerdekaan di Jakarta Pusat. Kebakaran ini terjadi saat ada renovasi di salah satu gedung. Apa saja faktanya sejauh ini?

Gedung Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI di Menteng terimbas kebakaran ini. Sebanyak 19 unit mobil dan 95 personel damkar dikerahkan.

“Pengerahan 19 unit dan 95 personel,” kata Kadis Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat dihubungi, Minggu (29/9/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Satradi mengatakan kebakaran tersebut dilaporkan pada pukul 06.20 WIB. Saat itu proses pemadaman masih berlangsung.

“Objek terbakar Gedung Bakamla. Waktu mulai operasi 06.27 WIB. Situasi status kebakaran proses pemadaman (merah),” ujarnya.

Pantauan detikcomMinggu (29/9) pukul 7.37 WIB terlihat asap hitam membubung tinggi. Kobaran api masih terlihat menyala dari arah gedung.

Berikut ini sejumlah fakta seputar kebakaran Gedung Perintis Kemerdekaan:

1. Arus Lalin Sempat Ditutup

Pantauan detikcomMinggu (29/9) pukul 7.44 WIB, arus lalu lintas di Jalan Penataran tepatnya di depan gedung Gedung Perintis Kemerdekaan sementara ditutup. Kendaraan kendaraan dialihkan menuju jalan Proklamasi.

Belum terlihat adanya kepadatan arus lalu lintas terkait penutupan jalan yang dilakukan. Personel kepolisian pun siaga melakukan pengaturan arus lalu lintas selama proses pemadaman dilakukan.

Tak lama setelahnya, kebakaran mulai terkendali. Tak ada korban jiwa dan korban luka dalam insiden ini.

“Kondisi sudah aman terkendali. Saat ini kami sedang melaksanakan penyisiran di setiap lantai memastikan tidak ada bara dan potensi kebakaran, tidak ada korban jiwa maupun luka,” kata Kadis Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat dihubungi, Minggu (29/9).

Satriadi mengatakan api yang membakar sudah berhasil dipadamkan. Namun proses pendinginan masih dilakukan hingga sekarang.

“Sedang masuk ke dalam dan menyisir gedung memastikan tidak ada bara atau potensi terjadinya kebakaran. Penyalaan (api) sudah tidak ada,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *