Bos PPI soal Puan Berpeluang Ketua DPR Lagi: Kode Hubungan PDIP-Prabowo Baik




Jakarta

Politikus PDIP Nyonya Maharani kemungkinan besar akan kembali menjadi Ketua DPR RI periode 2024-2029. Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menyinggung soal hubungan baik antara presiden terpilih Prabowo Subianto dengan PDIP.

“UU MD3 menegaskan bahwa pemenang Pileg otomatis jadi Ketua DPR. Fix regulasi hitam putihnya. Itu artinya Ketua DPR jatah PDIP,” ucap Adi Prayitno, Senin (30/9/2024).

“Ini jadi kode keras PDIP dan prabowo baik-baik saja hubungan politiknya. Sehingga tak ada upaya utak-atik UU MD3,” kata Adi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Menurut Adi, UU MD3 bisa saja diubah dan Ketua DPR RI tak lagi dari partai pemenang. Dia mengatakan kondisi itu pernah terjadi usai Pemilu 2014. Saat itu PDIP adalah pemenang pemilu, namun Ketua DPR RI dijabat oleh Golkar karena ada Revisi UU MD3.

“Padahal kalau mau jujur, UU MD3 bisa saja diubah seperti pemilu 2014 lalu. Apalagi koalisi Prabowo (saat ini) sangat mayoritas kekuatan politiknya di parlemen,” ucapnya.

Puan Ketua DPR

Ketua DPP PDIP Said Abdullah buka suara terkait kursi Ketua DPR RI untuk PDIP berdasarkan perolehan kursi DPR RI terbanyak di Pileg 2024. Dia menyebutkan keputusan di kalangan internal PDIP bahwa Puan menjadi calon final ketua DPR RI selanjutnya.

“Insyaallah kalau dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani,” kata Ketua DPP PDIP Said Abdullah di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu memastikan keputusan itu telah final.

“Sudah selesai, final,” ujarnya.

(aik/idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *