Ahmad Muzani Disepakati Jadi Ketua MPR RI 2024-2029




Jakarta

Rapat gabungan yang dihadiri pimpinan fraksi dan kelompok DPD telah menyepakati Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029. Muzani sendiri merupakan Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024 sekaligus Sekjen Gerindra.

Rapat gabungan MPR RI digelar di ruang rapat Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024) sejak pukul 19.30 WIB. Rapat berlangsung tertutup.

“Pada malam hari ini tanggal 2 Oktober 2024 rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi MPR, dari kelompok DPD, yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak Haji Ahmad Muzani,” kata Ketua Fraksi PDIP MPR RI Ahmad Basarah usai rapat gabungan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Basarah melanjutkan, selain Muzani, jajaran pimpinan MPR RI akan diisi oleh wakil ketua yang merupakan utusan masing-masing fraksi partai. Total pimpinan MPR RI sebanyak 9 orang, terdiri dari 8 orang perwakilan fraksi dan 1 orang perwakilan DPD RI.

“Beliau akan didampingi oleh 8 para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi partai politik di MPR,” kata dia.

Namun, kata dia, pimpinan MPR RI unsur DPD RI masih belum ditetapkan. DPD RI diketahui masih menggelar rapat paripurna menetapkan pimpinan tersebut hingga kini.

“Yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam ini untuk menentukannya,” ujar dia.

(fca/azh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *