Profil Singkat Para Pimpinan DPR dan DPD RI Periode 2024-2029



Jakarta

DPR RI Dan DPD RI telah memutuskan tokoh-tokoh yang akan memimpin lembaganya masing-masing pada 2024-2029. DPR RI dipimpin oleh Puan Maharani sedangkan DPD RI dipimpin oleh Sultan Baktiar Najamudin.

Pemilihan pimpinan DPR RI dan pimpinan DPD RI ini dilakukan pada Selasa (1/10) kemarin di Kompleks DPR/MPR, Jakarta. Para pimpinan DPR RI diajukan oleh parpol pemegang kursi terbanyak sedangkan pimpinan DPD RI dilakukan dengan cara voting.

Untuk DPR RI, sebanyak 580 anggota DPR menyetujui para calon yang diajukan oleh 5 partai politik pemegang kursi terbanyak. Sedangkan untuk DPD RI, sebanyak 151 anggota dewan melakukan voting atas 2 paket pimpinan DPD RI.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

DPR RI

Adapun DPR RI diketuai oleh Puan Maharani. Kemudian 4 wakilnya yakni Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurizal.

Berikut ini profil para pimpinan DPR RI:

Ketua DPR Puan Maharani

Puan Maharani kembali terpilih menjadi Ketua DPR RI. Puan sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPR RI pada periode 2019-2024.

Puan merupakan putri dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Dia merupakan kader PDIP yang menjabat sebagai Ketua DPP dalam struktur partai.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad

Dasco juga kembali terpilih menjadi Wakil Ketua DPR RI periode 2024-2029. Pada periode yang lalu, 2019-2024, Dasco juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Dasco merupakan kader Partai Gerindra. Dia menjabat sebagai Ketua Harian Gerindra.

Wakil Ketua DPR Saan Mustopa

Saan merupakan anggota DPR RI petahana. Pada periode lalu, Saan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Saan merupakan kader Partai NasDem. Dalam struktur partai, dia menjabat sebagai Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat.

Wakil Ketua DPR Cucun Ahmad Syamsurizal

Sama dengan Saan, Cucun merupakan anggota DPR RI petahana. Pada periode lalu, Cucun menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI.

Namun demikian, Cucun merupakan Ketua Fraksi PKB pada 2019-2024 lalu. Dalam struktur organisasi partai, Cucun menjabat sebagai Waketum PKB.

Simak profil para pimpinan DPD RI 2024-2029 di halaman berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *