BPBD Ungkap Biang Kerok Underpass Sholis Bogor Terendam Banjir 5 Jam



bogor

Banjir sempat terjadi di underpass Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) Kota bogor hingga menyebabkan macet parah tadi malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengungkap penyebab banjir.

“(Penyebab banjir underpass) Hujan dengan intensitas deras serta adanya penyumbatan di aliran air saluran drainase, menyebabkan terjadinya banjir di wilayah tersebut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatullah, Minggu (6/10/2024).

Underpass Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) Kota Bogor terendam banjir. (Dok. istimewa)Foto: Underpass Jalan Sholeh Iskandar (Sholis) Kota Bogor terendam banjir. (Dok. istimewa)

Banjir di underpass Sholis setinggi 60 sentimeter. Hidayatullah menyebut banjir berlangsung selama kurang lebih lima jam. Sehingga arus lalu lintas di kedua arah mengalami kemacetan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Kejadian ini menyebabkan Underpass Jalan Sholeh Iskandar sempat terendam air banjir setinggi 30 cm-60 cm selama kurang lebih 5 jam. Dampak dari kejadian ini arus lalu lintas dari kedua arah lumpuh dikarenakan kendaraan tidak bisa melintasi di jalan raya tersebut,” kata Hidayatullah.

“Akibat dari banjir ini juga banyak kendaraan roda dua dan roda empat yang mogok akibat memaksakan untuk melintasi jalan raya tersebut,” tambahnya.

Banjir yang menggenangi underpass Jl Sholis akhirnya surut setelah dilakukan penyedotan menggunakan alat sedot apung. Penyedotan air banjir menggunakan mesin pompa apung milik BPBD Kota Bogor dan milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor.

Sebelumnya, salah satu pengendara mengaku terjebak macet imbas banjir pada pukul 19.00 WIB kemarin malam. Warga bernama Heri itu mengatakan lalu lintas baru terurai pukul 21.57 WIB.

Dari gambar dan video yang dikirimkan, terlihat antrean kendaraan roda dua dan empat hanya sesekali bergerak. Kendaraan bergiliran untuk melewati terowongan secara perlahan.

Di dalam terowongan, terdapat warga hingga petugas membantu mengatur laju kendaraan. Mereka membantu pengendara untuk terhindari dari genangan yang dalam.

(sol/idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *