Hasto Ungkit Pilpres 2009 soal Rencana Pertemuan Megawati dan Prabowo




Jakarta

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal perkembangan rencana pertemuan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Hasto menyerahkan rencana pertemuan itu sebagai kewenangan strategis Megawati.

“Keputusan strategis kewenangan Ibu Ketua Umum,” kata Hasto menjawab pertanyaan wartawan, usai membuka Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDIP Sumut, di Kota Medan, dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (6/10/2024).

Namun, Hasto memastikan bahwa Megawati dan PDIP memiliki semangat persahabatan dengan tujuan membangun bangsa dengan pihak Prabowo.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Kami bangun semangat persahabatan bagi kemajuan negeri. Persoalan pangan deflasi penurunan daya beli kelas menengah perlu diperhatikan dan kami harapkan jadi concern kabinet Pak Prabowo,” kata Hasto.

Hasto meyakini pertemuan antara Megawati-Prabowo menjadi langkah baik. Dia mengungkit kerja sama yang telah terjalin di antara keduanya, terutama saat Megawati menjadi capres yang berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2009.

“Pertemuan itu hal yang sangat baik. Karena tidak ada persoalan Bu Mega dan Pak Prabowo. Bahkan di kerja sama pilpres 2009 ada kesesuaian platform partai soal tani, daulat ekonomi, dan kedaulatan energi. Sehingga untuk kepentingan bangsa dan negara, semua harus bekerja sama,” kata Hasto.

“Demokrasi apapun bentuknya tetap memerlukan adanya penyeimbang. PDIP pun memerlukan kritik. Tapi kepentingan bangsa akan dikedepankan PDIP,” tambah Hasto.

Ketika ditanya kapan rencana pertemuan dilakukan, Hasto mengatakan komunikasi politik secara intens sedang dilakukan. “Partai sedang langkah konsolidasi. Yang jelas ada koneksitas psikologis koneksitas secara historis,” ujar Hasto.

Soal kemungkinan kerja sama PDIP dengan pemerintahan Prabowo dan muncul kabar peluang ada menteri dari PDIP, Hasto menyerahkan hal itu kepada Prabowo selaku presiden terpilih.

“Kami hormati putusan, karena menteri prerogatif presiden. Melihat tantangan yang ada, diharapkan bentuk kabinet yang profesional, zaken kabinet yang menyelesaikan tantangan ke depan,” pungkasnya.

(fca/gbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *