Bos-bos 16 Perusahaan Tambang Menghadap Jokowi, Mau Investasi di IKN




Jakarta

Bos-bos 16 perusahaan tambang di tanah air menyatakan diri akan melakukan investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Para pengusaha ini telah menyampaikan rencanan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Rabu (9/10/2024)

Menurut Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani yang ikut mendampingi para pengusaha mayoritas pengusaha tambang yang hadir di Istana memiliki area operasi di Kalimantan. Investasi yang mau dilakukan IKN akan bertajuk dari Kalimantan dan untuk Kalimantan.

“Mereka dan kita bertemu dengan bapak presiden untuk (menyatakan minat) berinvestasi di IKN. Jadi kesempatan itu ada dan terbuka tadi sudah ada pembicaraan di antaranya istilahnya mereka kalau perusahaan batu bara ini bergerak di Kalimantan, jadi dari Kalimantan untuk Kalimantan itu temanya,” beber Rosan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Rencananya, para pengusaha ini akan membentuk konsorsium khusus untuk melakukan investasi di IKN. Pembangunan yang bisa dilakukan meliputi pembangunan fasilitas gaya hidup, macam restoran hingga taman bermain atau theme park.

“Investasi ini bervariasi dan rencananya dari mereka akan membentuk konsorsium,” kata Rosan.

Soal berapa banyak investasi yang mungkin akan dihimpun dari pengusaha tambang, Rosan belum mau menjabarkan. Pada intinya dia bilang konsorsium baru dibentuk dan masih akan mengkaji semua potensi investasi yang ada. “Ini kan baru inisiasi awal nanti dilihat apa saja opportunity-nya,” sebutnya.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia yang juga ikut dalam pertemuan itu mengatakan para pengusaha tambang bersedia melakukan investasi untuk membangun di kawasan 6.000 hektare pertama di IKN.

“Alhamdullilah tadi mereka semua bersedia. Siap melakukan investasi dalam rangka percepatan pembangunan arah kebijakan dari Kepala OIKN untuk kawasan 6 ribu hektare pertama di IKN,” ungkap Bahlil.

(hal/hns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *