Prabowo Sebut Ekonomi RI Peringkat 16 Dunia, Singgung Utang Negara Lain Lebih Besar




Jakarta

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan banyak negara hebat memiliki beban utang besar. Sementara kondisi Indonesia, menurut Prabowo, masih lebih baik dibandingkan negara lain selepas pandemi COVID-19.

Apalagi, kata Prabowo. ada negara yang rasio utangnya usai pandemi COVID-19 naik belasan bahkan puluhan persen. Bahkan, Prabowo mengatakan, Prancis saat ini rasio utangnya menyentuh 110%.

“Kita sering kurang bersyukur, kurang terima kasih, kurang menghargai apa yang kita capai sendiri, ini kita harus koreksi diri kita sendiri. Kalau kita lihat negara-negara lain, rasio utang terhadap GDP mereka sesudah COVID-19 naik belasan bahkan puluhan persen. Negara-negara hebat, seperti Perancis, debt to GDP rasionya loncat, sekarang berada di 110%, nggak tahu kapan mereka akan bayar utang mereka ini,” kata Prabowo dalam acara BNI Investor Daily Summit di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

Prabowo pun menilai kondisi ekonomi Indonesia masih lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang masih baik.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Kita sekarang adalah negara yang masih utuh, negara dengan ekonomi ke-16 di dunia, negara dengan tingkat inflasi salah satu yang terendah di dunia, negara dengan pertumbuhan yang masih cukup baik dibandingkan dengan negara-negara lain. Suatu negara yang keluar dari krisis COVID-19, salah satu yang tercepat dan dinilai salah satu yang terbaik keluarnya dari peristiwa COVID-19,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, Prabowo mengumpulkan para ahli di bidangnya untuk mengkaji situasi ekonomi baik di Indonesia maupun global. Apalagi saat ini tensi geopolitik kian memanas.

“Saya terima mandat dari rakyat dan waktu ini saya gunakan dengan sebaik-baiknya, saya kumpulkan pakar-pakar, saya kaji perkembangan, saya kaji situasi ekonomi, situasi ekonomi kita bagaimanapun tidak bisa lepas dari kondisi geopolitik global. Terjadi perang-perang besar dengan risiko yang sangat besar di Eropa, serang Ukraine, di Timur Tengah, perang di Gaza meluas ke Lebanon, mungkin meluas lagi ke Iran di mana banyak ahli mengatakan kita berada di saat-saat yang penuh ketegangan,” tutur Prabowo.

(hns/hns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *