Buruh Demo di Patung Kuda Jakpus, Tuntut Cabut UU Cipta Kerja



Jakarta

Massa buruh berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Massa menuntut pencabutan hukum omnibus UU Cipta Kerja.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (20/8/2024), massa ramai-ramai datang sekitar pukul 10.55 WIB. Mereka massa dari Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia.

Mereka datang dengan pakaian serba hitam dan penutup kepala merah. Selain menuntut pencabutan hukum omnibus UU Cipta Kerja, mereka juga mengkritik sejumlah poin yang terdapat di Undang-Undang Nomor 60 soal Pilkada.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Setiap harinya kita tidak akan bisa memastikan bahwasanya upah yang kamu dapat mencukupi kebutuhan hidupmu. Karena setiap harinya, setiap bulannya harga merangkak naik, meroket tinggi, tanpa bisa kita penuhi untuk membeli,” kata seorang orator dari atas mobil komando.

Dia mengatakan hal tersebut menjadi persoalan yang pelik. Menurut dia, kemerdekaan hakiki adalah tentang kehadiran penyelenggara negara, memberikan perlindungan, meningkatkan kesejahteraan, dan benar-benar hadir untuk melayani kita rakyat kecil.

“Hari ini pun Partai Buruh hadir untuk perlawanan terhadap UU hukum omnibus dan juga mengajukan gugatan Partai Buruh tentang beberapa poin di UU No 60 soal Pilkada. Salah satunya kita menuntut MK mengabulkan gugatan tentang suara yang mana telah kita ketahui, hanya partai parlemen yang bisa mengusung para calon kepala daerah,” jelasnya.

Adapun imbas dari aksi buruh ini, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, ditutup menjelang aksi unjuk rasa buruh di kawasan Patung Kuda. Lalu lintas menuju Istana Negara dialihkan.

Jalan Medan Merdeka Barat ditutup mulai pukul 09.30 WIB. Jalan ke arah Istana ditutup menggunakan penghalang lalu lintas.

Kendaraan yang hendak melintas ke arah Istana dialihkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Abdul Muis.

Tak hanya itu, bus TransJakarta sementara belum bisa melintas di Jalan Merdeka Barat. TransJakarta dialihkan ke arah Stasiun Gambir.

Selanjutnya, penutupan jalan juga dilakukan di depan Kemenparekraf. Barier beton tampak dipasang di bawah jembatan penyeberangan orang.

Massa buruh dari Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia menggelar unjuk rasa di Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024).Massa buruh dari Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia menggelar unjuk rasa di Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). (Taufiq Syarifudin/detikcom)

(mendengar/mendengar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *