Hadiri HLF MSP Bali, BNPT Bicara Zero Terrorist Attack Percepat Pembangunan




Bali

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) turut hadir dalam acara Forum Tingkat Tinggi tentang Kemitraan Multi-Pemangku Kepentingan 2024 yang digelar pada 1-3 September 2024 di Bali. Dalam event yang fokus membahas kemitraan multi pihak untuk mengakselerasi Agenda 2030 Pembangunan Berkelanjutan, BNPT sebagai terkemuka sektor penanggulangan terorisme berkomitmen untuk terus menciptakan rasa aman dalam upaya percepatan SDG’s 2030.

“Tentu semua Kementerian/Lembaga memiliki peran sendiri dalam upaya bersama ini, kalau kita fokus bagaimana melakukan pencegahan terorisme, bagaimana kita menciptakan rasa aman untuk mendukung percepatan pembangunan berkelanjutan,” kata Kepala Biro Perencanaan, Hukum, dan Humas Brigjen Pol. Tejo Wijanarko, dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (4/9/2024).

Dia turut menjelaskan kaitan keamanan dengan pembangunan. Di mana, prestasi nol serangan teroris mencerminkan keamanan masyarakat yang berpengaruh dalam percepatan pembangunan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Kita lihat sejak 2023 hingga hari ini kita telah membuktikan zero terrorist attack, tidak ada serangan. Masyarakat aman, damai, akan berpengaruh pada penguatan kelembagaan dan menjadi dasar percepatan pembangunan,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala BNPT Komjen Mohammed Rycko Amelza Dahniel juga menghadiri forum yang sama dalam sesi Makan Malam Penyambutan Forum Tingkat Tinggi tentang Kemitraan Multi-Pemangku Kepentingan di Hotel InterContinental Bali pada 2 September 2024 yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai informasi, forum ini fokus pada 3 isu yakni Kemitraan Multipihak untuk Memperkuat Kerjasama Segitiga Selatan-Selatan, Meningkatkan Kesejahteraan dan Keberlanjutan Melalui Ekonomi Berkelanjutan, Memajukan Pembangunan Melalui Pembiayaan Inovatif. Kegiatan ini dihadiri oleh beragam pemangku kepentingan mulai dari Kepala Negara/Pemerintahan, Organisasi Internasional, Bank Pembangunan Multilateral, Organisasi Masyarakat Sipil, hingga Organisasi Filantropi.

(id/dhn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *