Mengenal Inovasi Transportasi di Tabalong Kalsel ‘Langsat Manis’




Jakarta

Kabupaten Tabalong merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah penduduk sebanyak 260.555 jiwa.

Di bidang perhubungan, Kabupaten Tabalong memiliki inovasi berupa Layanan Angkutan Masyarakat Aman Nyaman dan Gratis (Langsat Manis). Layanan ini bisa diakses di sekitar daerah Tabalong maupun ke luar daerah.

Terdapat dua layanan yang disediakan yakni layanan dalam daerah dan layanan keluar daerah. Layanan dalam daerah Tabalong menggunakan mobil penumpang APV/Grandmax yang melayani 3 wilayah yaitu Tengah, Selatan, dan Utara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Sementara layanan keluar daerah bagi masyarakat Tabalong yang akan berpergian ke Banjarmasin dengan menggunakan Minibus Hiace. Selain itu layanan Langsat Manis juga memiliki fasilitas khusus yaitu angkutan khusus disabilitas yang mengakomodir penumpang disabilitas bepergian ke rumah sakit atau sesuai tujuan.

Animo penumpang dari tahun ke tahun terus meningkat, dalam dua tahun terakhir tercatat sebanyak 198 penumpang terlayani.

Portofolio penyediaan transportasi tersebut menjadi nominasi penerima penghargaan dalam Hub Awards. Melalui agenda ini, Kemenhub memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten atas komitmen dan peran aktif dalam mendukung kemajuan transportasi dan pembangunan konektivitas di Indonesia.

Adapun pengumuman pemenang dan penyerahan piala akan dilakukan di hari pertama Hub Space, pada Jumat 6 September 2024. Adanya anugerah ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pemerintah daerah untuk mengembangkan transportasi yang berkelanjutan.

Pemenang Hub Awards terbagi menjadi 2 kategori, yakni Inovasi Integrasi Antar- moda Transportasi serta Sistem Transportasi Berkelanjutan. Masing-masing dikelompokkan lagi menjadi Kabupaten Kecil, Kabupaten Sedang, Kabupaten Besar, dan Kabupaten Raya.

Diketahui saat ini masih berlangsung proses pengumpulan data, bekerja sama dengan APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Nantinya akan terpilih 24 pemkab yang berkesempatan untuk melakukan prestasi ke dewan juri.

Selama proses penilaian berlangsung, ada sejumlah indikator kriteria yang dipertimbangkan. Untuk kategori ‘Inovasi Integrasi Antar- moda Transportasi’ melihat 3 hal ini, antara lain Bidang Darat, Dukungan Integrasi Moda Lain, dan Dampak Integrasi Antarmoda.

Sedangkan kategori ‘Sistem Transportasi Berkelanjutan’ mempertimbangkan unsur Sarana dan Prasarana (Darat, Laut, Udara), Komitmen Kuat terhadap Sektor Transportasi, dan Penyediaan Angkutan Umum.

Penasaran siapa yang membawa pulang anugerah Hub Awards dari Kemenhub? Datang dan saksikan langsung di Hub Space 2024. Catat tanggalnya ya, acara ini akan berlangsung selama 2 hari pada 6-7 September 2024.

Datang ke sini, kamu juga bisa menyaksikan banyak hal menarik lainnya, seperti kompetisi fashion show, mewarnai untuk anak-anak, dan penampilan spesial dari Tiara Andini serta musisi-musisi Tanah Air lainnya.

(prf/juga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *