Sejarah hingga Tema Hari Olahraga Nasional Tahun 2024



Jakarta

Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 akan diperingati pada 9 September 2024. Peringatannya kali ini akan bersamaan dengan pelaksanaan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Dalam rangka merayakan peringatan Haornas ke-41 bersamaan dengan pembukaan PON XXI Aceh-Sumut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) merilis Surat Edaran (SE) yang berisi terkait penyelenggaraan puncak peringatan Haornas 2024.

Peringatan Haornas ke-41 Tahun 2024 mengusung tema “Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara“. Informasi ini termuat dalam SE Menpora Nomor 9.3.30 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional XLI Tahun 2024

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Peringatan Hari Olahraga Nasional XLI Tahun 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk bersama-sama berkomitmen mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan peningkatan kebugaran masyarakat sehingga mampu menghasilkan calon-calon olahragawan berprestasi kelas dunia melalui ‘Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara’“.”

Penyelenggaraan Puncak Haornas

Dalam SE tersebut disampaikan bahwa penyelenggaraan upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut akan dilaksanakan pada Senin, 9 September 2024 di Aceh bertepatan dengan Haornas ke-41. Penyelenggaraan puncak peringatan Haornas di tingkat pusat akan dilaksanakan sebagai rangkaian opening ceremony PON di Aceh.

Sementara pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota dapat menyelenggarakan puncak peringatan Haornas ke-41 pada tanggal 9 September 2024 dengan menyesuaikan situasi dan kondisi masing-masing daerah.

Sejarah dan Latar Belakang Haornas

Tanggal 9 September memiliki makna tersendiri bagi olahraga Indonesia, yang dikenal sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Penetapan tanggal 9 September sebagai Haornas ini didasari pada Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo, pada tanggal 9 September 1948 yang kemudian diterbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Sejak itu, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) dirayakan pada tanggal 9 September setiap tahunnya. Peringatan Haornas setiap tahun ini dapat menjadi sebuah pengingat bagi masyarakat Indonesia untuk kebangkitan olahraga yang sistematis dan berkelanjutan di Indonesia.

Pada tahun ini, puncak peringatan Hari Olahraga Nasional ke-41 bertepatan dengan opening ceremony penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumatera Utara. Oleh karena itu puncak peringatan Haornas ke-41 akan diselenggarakan pada tanggal 9 September 2024 di Aceh sebagai rangkaian opening ceremony penyelenggaraan PON XXI.

(wia/idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *