Komitmen Tangani Masalah Sosial, Risma Bantu Bayi Kembar Siam di Lebak




Jakarta

Kesungguhan, konsistensi dan keberlanjutan menjadi catatan istimewa Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam menangani masalah sosial. Sejak dilantik Desember 2020, Risma terus menangani berbagi masalah sosial, mulai dari rehabilitasi sosial seperti operasi katarak, kusta, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pemberdayaan sosial, membangun rumah sejahtera terpadu (RST), air bersih, lumbung sosial dan berbagai bantuan sosial lainnya.

Bantuan tersebut diberikan mulai dari Aceh, Banten, Kalimantan , Sulawesi, NTT, Maluku, Papua dan daerah lainnya diseluruh tanah air. Terbaru Risma memberikan bantuan kepada tiga anak yang mengidap berbagai penyakit di Sentra Handayani Jakarta.

“Mereka yang mendapat bantuan adalah Tanisha dan Zhafira yang merupakan bayi kembar siam asal Lebak, Provinsi Banten. Tanisha dan Zhaifra (almarhumah) merupakan bayi kembar siam,” ujar Risma, dalam keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Saat berusia 10 bulan keduanya menjalani operasi pemisahan namun Zhafira 10 hari kemudian meninggal. Tanisha saat ini berumur 1 tahun 9 bulan dan masih menjalani perawatan karena belum bisa duduk.

Kemensos memberikan bantuan berupa perlengkapan bayi, stoller, nutrisi, uang duka dan bantuan kewirausahaan bagi orang tua Tanisha. Sedangkan dari donasi Kitabisa.com terkumpul dana Rp 129,18 juta yang langsung diserahkan Selasa siang.

Bantuan juga diserahkan Risma pada Selasa (30/7) untuk Sri Aulia Azahra (1) yang mengidap tumor hidung. Bocah asal dari Sukabumi diebri bantuan berupa biaya operasional perawatan, alat kebersihan diri, nutrisi, dan pemenugan hidup layak. Sedangkan bantuan donasi dari Kitabisa.com terkumpul Rp 80,4 juta yang juga langsung diserahkan di hari uang sama.

Selain itu Risma juga menyerahkan bantuan untuk pasien radang otak asal Kota Bandung, Irma Nur Syamsiah (21) berupa kebutuhan hidup layak, nutrisi dan sandang. Sedangkan donasi dari Kitabisa.com terkumpul dana senilai Rp 45,5 juta.

Pada kesempatan tersebut, Risma menyampaikan terima kasih kepada orang-orang baik yang telah membantu melalui Kitabisa.com. Risma juga menyatakan terima kasih kepada Kitabisa.com yang telah menghimpun dana dan menyalurkan kepada yang membutuhkan.

“Bantuan ini sangat bermanfaat karena tidak semua kebutuhan bisa tercover oleh pemerintah,” kata Risma.

CEO Kitabisa.com M Alfatih Timur, mengatakan sampai saat ini total bantuan yang disalurkan melalui kitabisa.com sudah terkumpul Rp 12,15 miliar untuk 163 pasien di seluruh Indonesia.

(akn/ega)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *