Lalin Sekitar JIS Mulai Macet Jelang Konser Hari ke-2 Bruno Mars



Jakarta

Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara (Jakut) mulai macet sore ini. Kemacetan terjadi terkait digelarnya konser penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Bruno MarsJIS.

Pantauan detikcom di kawasan JIS, Jumat (13/9/2024), kepadatan kendaraan mulai terlihat sejak pukul 16.40 WIB. Kemacetan mulai terjadi di Jalan Lodan Raya baik dari arah Gunung Sahari maupun Kemayoran yang mengarah ke JIS.

Kemacetan juga terlihat di Jalan RE Martadinata akibat penumpukan kendaraan di tikungan ke arah perlintasan kereta api menuju sisi depan JIS Jalan Sunter Permai Raya. Kemacetan juga terpantau terjadi di Jalan Danau Sunter Barat mengarah ke JIS.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

Selain banyaknya kendaraan yang melintas sekitar JIS, kemacetan juga disebabkan adanya kendaraan parkir di tepi jalan. Meski begitu, petugas kepolisian, TNI, bersama Dinas Perhubungan Jakarta, dan Satpol PP terus berupaya mengurai kemacetan ini.

Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakut mulai macet sore ini terkait digelarnya konser penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Bruno Mars. (Kurniawan F/detikcom)Kawasan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakut mulai macet sore ini terkait digelarnya konser penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Bruno Mars. (Kurniawan F/detikcom)

Seperti diketahui, Bruno Mars sudah memulai konsernya di Indonesia sejak Rabu (11/9). Hari ini merupakan konser hari kedua hingga konser terakhir pada Sabtu (14/9) besok.

Kantung Parkir Penonton Konser

Polisi juga melakukan upaya pengaturan arus lalu lintas. Polisi juga sudah menyediakan kantong parkir di luar JIS untuk menampung kendaraan para penonton.

Area parkir pertama berada di Lapangan ITF. Lokasi kantong parkir ini berada di seberang Pintu Barat JIS. Bagi pengendara yang melalui rute tol dapat keluar dari Exit Tol Papanggo menuju JIS untuk menggunakan kantong parkir ini ketika sudah memasuki wilayah dekat stadion.

Area parkir kedua adalah di kawasan Ancol. Bagi pengendara yang melalui rute tol dapat keluar dari Exit Toll PRJ-Kemayoran-Ancol. Pada lokasi ini, ada beberapa kantong parkir yang bisa digunakan, yaitu Jakarta International ePrix Circuit, Sea World Ancol, dan Econvention Ancol.

Setelah itu, bisa menggunakan layanan shuttle bus khusus yang mengantar menuju pintu Gerbang Carnaval Ancol. Dari sini, kemudian dapat dilanjut dengan berjalan kaki menuju JIS melalui jalur pejalan kaki, lalu lanjut ke jembatan penyeberangan hingga masuk Ramp Utara JIS.

Area parkir selanjutnya ada untuk pengendara kendaraan roda dua. Akses lokasi parkir ini terletak di depan Pintu Barat JIS, tepatnya di depan pintu kereta api Jakarta International Stadium. Kantong parkir motor itu berada di area Parkir Timur JIS.

Imbauan Pakai Transportasi Umum

Polisi mengimbau kepada penonton konser Bruno Mars di Stadion JIS Jakarta Utara untuk tidak membawa kendaraan pribadi. Hal itu untuk menghindari kepadatan lalu lintas dan lokasi parkir yang terbatas.

“Untuk menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas disampaikan kepada penonton konser Bruno Mars pada hari Jumat dan Sabtu Tanggal 13 Sep dan 14 Sep 2024 di Stadion JIS Jakarta Utara agar tidak membawa kendaraan pribadi (mobil) ke lokasi JIS dikarenakan tidak ada lokasi parkir,” demikian dikutip dari platform X, TMC Polda Metro Jaya pada Kamis (12/9).

Polisi mengimbau agar penonton konser menggunakan transportasi umum. Sebab, tempat parkir di area Ancol terbatas.

“Gunakan moda Transportasi Umum. Parkir yang tersedia hanya di area Ancol (sangat terbatas),” imbau TMC Polda Metro Jaya.

(jbr/jbr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *