26 Orang Keracunan Nasi Boks di Gunungkidul, Begini Kondisinya




Jakarta

Sebanyak 26 orang diduga keracunan makanan usai menyantap nasi boks yang dibagikan saat kegiatan keagamaan di Trimulyo 1, Gunungkidul. Mereka mengeluhkan mual, muntah, demam, hingga pusing.

“Acara itu dihadiri 50 orang dan 26 di antaranya mengalami gejala,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Ismono, dilansir detik JogjaSelasa (17/9/2024).

Rinciannya, sembilan orang sempat menjalani perawatan di RSUD Wonosari, terdiri dari empat orang menjalani observasi, satu orang opname, dan sisanya menjalani rawat jalan. Dinkes langsung mengambil sampel makanan untuk diuji di laboratorium.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN DENGAN KONTEN

“Kita belum bisa memastikan itu karena keracunan makanan atau apa. Yang jelas untuk sampel makanan berupa sambel lalapan ayam dan snack kue sudah kita kirim untuk uji laboratorium,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan keagamaan, Nurdiyanto menjelaskan awalnya mengikuti sembahyangan di rumah salah satu warga Trimulyo 1, Minggu (15/9) sore.

Ia sempat menyantap nasi boks yang diberikan namun tak merasakan gejala apapun. Sedangkan istri dan dua anaknya mengalami gejala diare dan bertambah parah pada Senin (16/9).

“Malam hari itu juga nasi boks saya makan, tapi saya tidak mengalami gejala apa pun,” katanya kepada wartawan, Selasa (17/9).

Baca selengkapnya di sini.

(taa/ayah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *