Momen Delegasi Indonesia Walk Out saat Netanyahu Pidato di PBB



New York

Sejumlah delegasi dari berbagai negara memilih keluar (berjalan keluar) ketika Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu hendak memulai pidato di Majelis Umum PBB di New York. Salah satunya ialah delegasi Indonesia.

Momen walk out delegasi Indonesia itu diunggah melalui akun X resmi Kementerian Luar Negeri, @Kemlu_RI. Dalam foto-foto yang dilihat, tampak perbandingan kursi delegasi Indonesia sebelum dan sesudah Netanyahu mulai berbicara.

Begitu Netanyahu masuk podium, delegasi Indonesia langsung beranjak dari tempat duduk dan berjalan keluar. Suara tepuk tangan dan sorakan juga terdengar dalam video tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Indonesia bersama banyak negara melakukan walk out saat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB ke 79 di New York, Amerika Serikat pada (27/9),” demikian keterangan yang disampaikan @Kemlu_RI melalui akun X, dilihat Sabtu (28/9/2024).

Momen Delegasi Indonesia Walk Out saat Netanyahu Pidato di PBB (Dokumentasi X Kemlu_RI)Foto: Kursi Delegasi Indonesia masih tersisi sebelum Netanyahu Pidato di PBB (Dokumentasi X Kemlu_RI)

Dilansir BBC Dan AFPJumat (27/9/2024), aksi walk out dilakukan beberapa delegasi negara saat Netanyahu naik ke panggung sebagai bentuk protes. Namun tidak disebutkan delegasi mana saja yang memilih keluar.

Netanyahu memulai pidatonya dengan bersumpah untuk melawan ‘fitnah’. Dia mengklaim sengaja datang ke PBB untuk berbicara di hadapan delegasi negara.

“Setelah saya mendengar kebohongan dan fitnah yang ditujukan kepada negara saya oleh banyak pembicara di podium ini, saya memutuskan untuk datang ke sini dan meluruskan semuanya,” kata Netanyahu.

Dalam pidatonya, Netanyahu juga memperingatkan bahwa Israel akan menyerang Iran jika diserang terlebih dahulu. Dia mengatakan Israel dapat mencapai bagian mana pun di Iran.

(ya/ya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *