LRT Jakarta Velodrome-Rawamangun Akan Diuji Coba 30 September




Jakarta

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) akan melakukan uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Rawamangun. Uji coba itu dilakukan pada Senin (30/9) mendatang.

“Kami sangat fokus pada setiap detail persiapan untuk memastikan uji coba ini berjalan lancar dan sesuai standar keselamatan yang tinggi,” kata Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Group Dian Takdir dalam keterangannya seperti dilansir Antara, Sabtu (28/9/2024).

Proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B, kata Dian, terus menunjukkan perkembangan signifikan. Hingga pekan ketiga September 2024, konstruksi mencapai 29,17 persen.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Kini sudah terbangun lintasan sepanjang 1,2 kilometer (km) dari target 6,4 km rute Velodrome-Manggarai ini. Sebelum uji coba, PT Jakpro bersama KSO (PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya dan PT Len Railway System) akan memastikan kesiapan infrastruktur, termasuk jalur, pekerjaan jalur (track) serta perangkat pendukung operasional lainnya.

“Sebagai bagian dari persiapan ini, setelah semua pemeriksaan rampung, akan dilakukan pemindahan peron operasional LRT Fase 1A di Stasiun Velodrome dari sisi barat ke sisi timur,” ujarnya.

Uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B akan dilakukan menggunakan Kereta Luar Biasa serta dilanjutkan dengan uji coba menggunakan MRV (Maintenance Rail Vehicle) dan 1 rangkaian LRV (Light Rail Vehicle). Proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan dari dua sisi, yakni Zona Velodrome -Pramuka dan Zona Pramuka-Manggarai.

Pembangunan bertujuan untuk mendukung Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral transportasi Jakarta. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Light Rail Transit (LRT) Fase 1B Velodrome-Manggarai beroperasi pada 2027.

(satu/satu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *